Sekeluarga Tewas di Rumah Kalideres Diduga Kelaparan, Ini Kemungkinan Sebabnya

ADVERTISEMENT

Sekeluarga Tewas di Rumah Kalideres Diduga Kelaparan, Ini Kemungkinan Sebabnya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Minggu, 13 Nov 2022 17:35 WIB
Polisi lakukan olah TKP ulang di rumah sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat,Sabtu (12/11/2022). Petugas juga melakukan penyemprotan disinfektan.
Sebuah keluarga ditemukan tewas dalam keadaan mengering diduga karena kelaparan. Foto: (Rumondang Naibaho/detikcom)
Jakarta -

Geger kabar empat orang sekeluarga ditemukan tewas dengan kondisi tubuh sudah mengering di dalam rumah di kawasan Kalideres, diduga akibat kelaparan. Pada keempat jenazah tersebut, polisi tidak menemukan bekas tanda kekerasan apa pun. Namun beredar kabar, seluruhnya tewas setelah tidak makan dan minum dalam waktu lama.

Awalnya, warga sekitar mencium bau tidak sedap dari rumah tersebut. Setelah dilaporkan ke polisi dan dilakukan pengecekan pada Kamis (10/11/2022), polisi menemukan sekeluarga berisi empat orang tewas di dalam rumah tersebut dalam keadaan rumah terkunci dari dalam. Keempatnya terdiri dari dua laki-laki dan dua perempuan.

"(Kondisi jasad) tinggal tulang sama kulit, udah kering," ujar Kasie Humas Polres Metro Jakarta Barat Kompol Taufik, dikutip dari detikNews, Minggu (13/11/2022).

Kelaparan Bisa Menyebabkan Kematian

Spesialis penyakit dalam sekaligus pakar dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam menjelaskan, pada kondisi tertentu kelaparan dalam jangka waktu lama memang bisa menyebabkan kematian. Terlebih pada orang dengan komorbiditas, kematian bisa terjadi dalam waktu kurang dari seminggu jika terjadi kelaparan.

"Kelaparan yang berkepanjangan dapat mengakibatkan kerusakan serius pada organ tubuh dan mental seseorang. Ketika terjadi defisit asupan energi, tubuh mengonsumsi cadangannya sendiri untuk menjaga glukosa darah, bahan bakar utamanya," jelas Prof Ari dalam keterangannya pada detikcom, Minggu (13/11).

"Tubuh pertama-tama akan menggunakan cadangan lemak. Kemudian, tubuh akan mulai menggunakan otot dan jaringan organ untuk menghasilkan energi. Kekurangan garam dan vitamin juga berbahaya bagi tubuh," sambungnya.

  • Pada komplikasi yang berlangsung permanen, kelaparan dalam jangka waktu lama bisa memicu:
  • Gangguan neurologis/saraf: kelumpuhan ekstremitas, kebutaan, koma
  • Kematian karena masalah neurologis, jantung, paru atau ginjal dan berbagai komplikasi lain.


Simak Video "Waktu Terbaik untuk Minum Obat Bagi Penderita Diabetes saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT