Tips Diet dari Dokter Gizi Langganan Artis, Begini Biar BB Ideal

ADVERTISEMENT

Tips Diet dari Dokter Gizi Langganan Artis, Begini Biar BB Ideal

Nurul Febian Danari - detikHealth
Rabu, 16 Nov 2022 12:40 WIB
Female leg stepping on weigh scales. Healthy lifestyle, food and sport concept.
Ilustrasi diet. (Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato)
Jakarta -

Diet seringnya menjadi tantangan tersendiri bagi yang ingin menurunkan berat badan. Pola diet sering dilakukan secara salah kaprah lantaran menjadi pola hidup tak sehat sekaligus menyiksa.

Dokter gizi, dr. Feni Nugraha, MARS, M.GZ., yang menjadi dokter langganan diet para artis ini berbagi tips diet. dr. Feni mengatakan, orang seringnya menganggap diet adalah tidak makan untuk menurunkan berat badan. Padahal, diet adalah langkah menjaga pola makan sehat serta diiringi kebiasaan-kebiasaan sehat seperti olahraga.

dr. Feni mengatakan, kunci diet itu ada pada diri sendiri, yakni komitmen, disiplin, dan motivasi.

"Yang pertama pasti harus komitmen, yang kedua disiplin, terus mungkin harus ada sesuatu yang memotivasi kita, diri sendiri supaya semangat nih dietnya," kata dr Feni, dikutip dari YouTube Bund Lifetainment, Rabu (16/11).

dr. Feni melanjutkan, biasanya motivasi-motivasi baik jangka pendek maupun jangka panjang bisa menjadi penyemangat untuk konsisten dalam diet yang dijalaninya.

"Untuk jangkap panjang ini sering banget pasien datang ke aku terutama kalau obesitas, ini biasanya ada penyakitnya. Ada fatty liver, kolesterol tinggi, terus ada asam urat, ada diabetes, ada penyakit darah tinggi," kata dr Feni.

"Nah, biasanya aku itu jadi kayak memotivasi pasien yuk kita diet turun berat badan supaya makin sehat," lanjutnya.

dr. Feni menanamkan pola pikir pada pasiennya bahwa diet yang dilakukan adalah untuk sehat. Sementara badan langsing adalah bonus.

"Jadi tujuannya tuh yang pertama sehat pasti terus bonusnya ya dapat langsing," katanya.

"Ketika mereka ngerti dan paham makanan apa yang boleh, mereka tuh lebih gampang buat ngejalaninnya," sambungnya.

Lebih lanjut, dr. Feni menjelaskan bahwa diet yang sehat biasanya memang tidak secara drastis mengalami penurunan berat badan. Diet yang ideal, biasanya hanya turun sekitar 2-4 kg dalam sebulan.

"Kalau yang ideal, yang sehat ya penurunan (berat badan) itu dalam satu minggu kurang lebih setengah sampai satu kilo. Jadi satu bulan itu kurang lebih dua sampai empat. Biasanya paling cepat itu di minggu pertama, nanti berikutnya di minggu kedua dan selanjutnya sekitar setengah sampai satu kilo lah per minggu," jelasnya.

Penurunan berat badan yang yang terlalu drastis, dr. Feni mengatakan biasanya diet yang dijalaninya tidak sehat. Akibatnya, setelah penurunan berat badan, akan lebih cepat dan mudah mengalami kenaikan berat badan lagi.



Simak Video "Punya Resolusi Diet di Tahun 2023? Simak Tips Suksesnya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT