Viral Pelajar Tendang Nenek di Tapsel, Kenapa Tega Melakukannya? Ini Kata Psikolog

ADVERTISEMENT

Viral Pelajar Tendang Nenek di Tapsel, Kenapa Tega Melakukannya? Ini Kata Psikolog

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Senin, 21 Nov 2022 06:37 WIB
Viral remaja pelat nomor T tendang nenek
Foto: Tangkapan layar video viral
Jakarta -

Viral pelajar menendang wanita lanjut usia (lansia) di Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara. Menurut polisi, sang nenek tersebut diduga orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) lantaran tak mampu memberikan keterangan secara pasti.

Kini sang nenek kabarnya sudah diserahkan ke Dinas Sosial untuk direhabilitasi, pun pelaku pelajar tersebut juga sudah diamankan oleh pihak polisi.

"Untuk saat ini, tadi pagi sudah kami serahkan ke pihak Dinsos untuk dilaksanakan rehabilitasi untuk ibu yang dalam video tersebut sebagai korban," kata Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP Imam Zamroni, dilansir detikSumut, Minggu (20/11/2022).

Kok Tega Sih Melakukan Tindakan Itu?

Menurut psikolog Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd, kemungkinan para pelaku sudah terbiasa membully orang lain. Mereka juga merasa memiliki power yang lebih karena beramai-ramai, sehingga berani untuk melakukan tindakan yang tak pantas tersebut.

"Belum tentu kalau dia sendiri dia berani kan ya," ucapnya saat dihubungi detikcom, Minggu (20/11).

Di samping itu, Rosdiana menyebut kesopanan dan kesantunan anak dapat dilatih sejak dini guna membiasakan bersikap sopan santun terhadap orang lain.

"Kalo menurut saya sih nggak cuma terhadap lansia, mestinya bagaimana menumbuhkan sikap santun anak kepada semua orang ya. Semua orang harus dihargai dan harus dihormati ya kan, itu kan dasarnya hargai setiap orang," ucapnya.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT