Pakar Sebut Kelompok Ini Berisiko Fatal jika Kena COVID Lebih dari Sekali

ADVERTISEMENT

Pakar Sebut Kelompok Ini Berisiko Fatal jika Kena COVID Lebih dari Sekali

Vidya Pinandhita - detikHealth
Selasa, 22 Nov 2022 19:48 WIB
Update Corona Hari Ini: Pecah Rekor Lagi-Persiapan Skenario Terburuk
Foto: Getty Images/loops7
Jakarta -

Belakangan, beredar hasil riset yang menyebut orang yang pernah terkena COVID-19 lebih dari sekali berisiko mengalami kondisi fatal berupa kerusakan organ penting seperti otak, jantung, paru-paru, dan ginjal. Epidemiolog menyebut, sebenarnya risiko tersebut tak mutlak bakal dialami penyintas COVID-19 dengan reinfeksi lebih dari sekali.

"Nggak semua (akan mengalami kerusakan organ). Jadi dilihat proporsi orang yang dibandingkan 3 kali, yang ngaku 2 kali, yang ngaku 1 kali, angka perawatannya jauh lebih tinggi pada yang pernah mengalami infeksi berulang. Itu saja konsepnya," ungkapnya dalam seminar publik 'Dukung Vaksinasi Booster, Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku' di Jakarta Selatan, Selasa (22/11/2022).

Pandu menjelaskan, hasil riset tersebut dipublikasikan oleh dalam Nature Medicine. Data tersebut juga dikumpulkan dari penyintas COVID-19 di Amerika Serikat, bukan di Indonesia.

Di samping itu Pandu menjelaskan, kasus kerusakan sistem organ imbas reinfeksi COVID-19 berulang kali juga sebenarnya bersifat relatif. Kerusakan tersebut sebenarnya masih berkaitan dengan kondisi gejala COVID-19 berkepanjangan atau disebut 'Long COVID'.

"Selain itu, ada yang namanya kalau orang terinfeksi kadang ada gejala yang disebut 'Long COVID' kerusakan di organ kita. Nggak semuanya, sebagian kecil saja sebenarnya. Apakah otak, jantung, ginjal, ada gejala sisa itu juga lebih banyak ada orang yang mengalami infeksi berulang. Jadi angkanya relatif, tidak mutlak," pungkasnya.

Catatannya, mengacu pada temuan riset tersebut, masyarakat Indonesia bisa semakin ketat menerapkan protokol kesehatan dibarengi vaksinasi COVID-19. Tak lain, untuk mencegah infeksi virus Corona, termasuk pada orang yang sudah pernah dinyatakan positif COVID-19.

NEXT: Risiko kena COVID-19 berulang kali pada jantung, paru-paru, dan otak

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT