Mutasi Corona Tak Habis-habis, Kapan Pandemi COVID Kelar? Begini Kata Pakar

ADVERTISEMENT

Mutasi Corona Tak Habis-habis, Kapan Pandemi COVID Kelar? Begini Kata Pakar

Vidya Pinandhita - detikHealth
Selasa, 22 Nov 2022 16:30 WIB
Omicron BA.4 dan BA.5 adalah subvarian omicron terbaru yang perlu diketahui dan waspadai oleh masyarakat Indonesia. Berikut informasinya.
Ilustrasi virus corona. (Foto: Getty Images/loops7)
Jakarta -

Indonesia kembali diterpa kenaikan kasus COVID-19, diduga imbas penyebaran subvarian Omicron XBB. Lantas hasil mutasi virus Corona baru terus bermunculan, kapan pandemi COVID-19 di Indonesia bakal berakhir?

Menurut epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), sekarang pun situasi COVID-19 di Indonesia sudah bisa dikatakan sebagai 'endemi'. Namun ia menekankan, dengan status endemi, bukan berarti Indonesia benar-benar bebas dari penularan virus Corona.

"Endemi kan artinya walaupun ada penularan, tidak berdampak menimbulkan masalah kesehatan masyarakat yang berat. Jadi rumah sakit tenang-tenang saja," ungkapnya dalam seminar publik 'Dukung Vaksinasi Booster, Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku' di Jakarta Selatan, Selasa (22/11/2022).

Jadi Kapan Pandemi COVID-19 Selesai?

Melihat virus Corona yang terus bermutasi, Pandu menegaskan, perihal kapan pandemi COVID-19 tidak perlu dicari tahu.

"Sebenarnya nggak perlu dijawab (kapan pandemi COVID-19 berakhir). Yang penting adalah bagaimana pandemi itu kita pertahankan untuk terus terkendali. Penularannya yang dikendalikan," beber Pandu.

'Pandemi' kan cuma status. Kadang orang berpikiran begitu sekarang (pandemi) berakhir, nggak ada lagi penularan. Itu kan salah. Virus masih ada," pungkasnya.



Simak Video "Indikator Negara Siap Masuk ke Fase Endemi"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT