Yang Terjadi pada Tubuh saat Setop Makan, Dikaitkan Keluarga Tewas di Kalideres

ADVERTISEMENT

Yang Terjadi pada Tubuh saat Setop Makan, Dikaitkan Keluarga Tewas di Kalideres

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rabu, 23 Nov 2022 17:01 WIB
Polisi olah TKP sekeluarga tewas mengering di Kalideres (Ondang Naibaho/detikcom)
Foto: Polisi olah TKP sekeluarga tewas mengering di Kalideres (Ondang Naibaho/detikcom)
Jakarta -

Kasus keluarga yang meninggal di Kalideres, Jakarta Barat, kali ini dikaitkan dengan fenomena Voluntary Stopped Eating and Drinking (VSED) atau berpuasa sampai mati. Hal ini karena empat orang yang ada di keluarga tersebut ditemukan tewas 'mengering' dengan kondisi lambung yang kosong.

Diduga keluarga tersebut sengaja berhenti makan dan minum sebelum mereka meninggal dunia. Namun, hal ini masih diusut kepolisian untuk diselidiki motif dan penyebab meninggalnya keluarga tersebut.

Semua makhluk hidup tidak bisa bertahan hidup tanpa makanan. Lalu, apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh saat berhenti makan?

Dikutip dari laman Independent UK, manusia masih bisa bertahan hidup tanpa makan antara 3 minggu hingga 70 hari. Namun, hal itu akan merusak kondisi tubuh.

Saat 6 jam setelah makan, tubuh memiliki kadar glikogen yang cukup untuk menjadi glukosa. Namun, antara 6-72 jam setelah makan, fungsi otak akan menjadi terganggu.

Seiring berjalannya waktu, kepadatan tulang dan libido seseorang akan mulai berkurang. Pada wanita, siklus menstruasi juga akan berhenti karena tubuh berusaha menghemat energi.

Semakin lama, otot dan jantung akan melemah juga. Inilah yang menyebabkan penderita anoreksia sering meninggal karena serangan jantung.

Dikutip dari Very Well Health, ada beberapa komplikasi yang terjadi saat seseorang berhenti makan, hingga akhirnya meninggal dunia. Hal ini akan terus meningkat seiring dengan peningkatan penurunan berat badan.

Beberapa komplikasi ini meliputi:

  • Hilangnya kepadatan tulang
  • Kelemahan otot dan kekurangan tenaga
  • Merasa kedinginan
  • Penipisan atau kerontokan rambut
  • Kulit kering
  • Sembelit
  • Pada wanita, kehilangan menstruasi
  • Kelelahan, sesak napas, dan pucat akibat anemia, kekurangan sel darah merah
    pembawa oksigen


Simak Video "Penyakit Mental yang Dialami Aaron Carter: Skizofrenia-Kecemasan Akut"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT