Kata Ahli Bedah Mulut di Balik Cedera Retak Tulang Rahang Yasser Al-Shahrani

ADVERTISEMENT

Kata Ahli Bedah Mulut di Balik Cedera Retak Tulang Rahang Yasser Al-Shahrani

Fadilla Namira - detikHealth
Kamis, 24 Nov 2022 05:30 WIB
TOPSHOT - Saudi Arabias goalkeeper #21 Mohammed Al-Owais (R) hits Saudi Arabias defender #13 Yasser Al-Shahrani (C) in the head during the Qatar 2022 World Cup Group C football match between Argentina and Saudi Arabia at the Lusail Stadium in Lusail, north of Doha on November 22, 2022. (Photo by Kirill KUDRYAVTSEV / AFP) (Photo by KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP via Getty Images)
Yasser Al Shahrani. (Foto: AFP via Getty Images/KIRILL KUDRYAVTSEV)
Jakarta -

Di balik kemenangan timnas Arab Saudi atas Argentina pada Piala Dunia 2022, ada momen tragis yakni salah satu pesepakbola Arab Saudi Yasser Al Shahrani mengalami benturan keras dengan rekan setimnya pada Selasa (22/11/2022). Akibatnya, Yasser terkena cedera serius dan harus dirawat intensif.

Melalui hasil rontgen, rahang pemain bek ini disebut mengalami patah tulang dan perdarahan internal sehingga perlu intervensi pembedahan sesegera mungkin. Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed Bin Salman pun menyuruh Shahrani untuk melakukan pengobatan lebih lanjut di Jerman menggunakan jet pribadi.

Kronologi Benturan Yasser Al Shahrani

Berdasarkan peristiwa yang berlangsung di akhir waktu pertandingan, sang kiper Mohammed Al-Owais berlari keluar untuk merebut bola dan tanpa sengaja dengkulnya menghantam wajah Shahrani. Kejadian ini sontak membuat penonton syok dan khawatir.

Seketika itu pula, petugas medis datang membawa tandu untuk menggotong Shahrani keluar dari arena. Melihat kondisinya yang cukup parah, ia pun dilarikan ke rumah sakit Hamad Medical City di Doha guna mendapat penanganan emergensi.

Sempat dikabarkan kritis, Shahrani buka suara terkait kondisinya di akun resmi Twitter timnas Arab Saudi. Ia mengaku keadaannya kini kian pulih meskipun harus tetap berbaring di rumah sakit dan menjalani beberapa perawatan lanjutan.

"Saya ingin meyakinkan Anda bahwa saya baik-baik saja. Doakan saya. Dan selamat untuk fans Saudi kami atas kemenangannya. Kamu pantas mendapatkannya," ungkap Yasser yang dikutip dari laman Al Arabiya, Rabu (23/11/2022).

"Saya dalam kondisi baik-baik saja, segala kesalahan yang saya buat, saya minta maaf karena saya manusia biasa," lanjutnya.

Dampak Patah Tulang Rahang

Kerusakan tulang rahang akibat patah atau terkilir sekiranya memerlukan intervensi medis yang cepat dikutip dari WebMD. Sebab, kerusakan tulang rahang ini nantinya akan berdampak pada fungsi pernapasan, apalagi jika ditambah dengan patah tulang wajah lainnya.

drg Pruput Dwi Mutiari SpBM (K) dari RS Pondok Indah Bintaro membeberkan tingkat kefatalan patah tulang rahang tergantung pada jenis cedera yang dialami. Semakin banyak jaringan tulang yang bermasalah, maka penyembuhannya akan jadi sulit.

Saksikan juga d'Mentor on Location: Jualan Camilan Untung 150 Juta Per Bulan

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT