10 Makanan Pembersih Pembuluh Darah, Picu Stroke kalau Tersumbat

ADVERTISEMENT

10 Makanan Pembersih Pembuluh Darah, Picu Stroke kalau Tersumbat

Nurul Febian Danari - detikHealth
Minggu, 27 Nov 2022 10:05 WIB
asian chinese female physical therapist helping senior man walking in public park with crutch
Makanan pembersih pembuluh darah (Foto: Getty Images/iStockphoto/ Edwin Tan)
Jakarta -

Pembuluh darah berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan memberikan oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh. Pembuluh darah yang tersumbat oleh plak dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke.

Kesehatan pembuluh darah perlu dijaga, salah satunya dengan makanan yang sehat yang dapat membantu mencegah penumpukan plak di pembuluh darah. Hal ini dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke, serta meningkatkan kesehatan jantung.

Makanan Pembersih Pembuluh Darah

Berikut makanan yang dapat membantu membersihkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan risiko penyumbatan di pembuluh darah.

1. Ikan

Ikan kaya akan nutrisi penting, termasuk lemak omega 3 yang membantu mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah. Studi menunjukkan protein ini memungkinkan mengurangi sel yang menyebabkan penumpukan plak menempel satu sama lain.

2. Buah Beri

Buah beri termasuk blueberry, stroberi, cranberry, raspberry, dan blackberry memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Buah beri dapat membantu mengurangi risiko kolesterol, penyumbatan pembuluh darah, meningkatkan dan melindungi fungsi pembuluh darah.

3. Tomat

Buah tomat atau tomat olahan dapat membantu membersihkan pembuluh darah dan mengurangi risiko penumpukan plak pada pembuluh darah.

Kandungan likopen pigmen keratenoid pada tomat bertindak sebagai anti inflamasi meningkatkan kolesterol baik pada tubuh, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Campuran tomat dan minyak zaitun pada masakan sangat bermanfaat untuk membersihkan dan melawan plak pada pembuluh darah.

4. Bawang Merah

Sebuah studi 15 terhadap 1.226 wanita berusia 70 dan lebih tua menemukan bahwa asupan sayuran Allium yang lebih tinggi seperti bawang dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah terkait penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah.

Bawang mengandung senyawa belerang yang menurut para ilmuwan dapat membantu mencegah peradangan pembuluh darah, menghambat penggumpalan trombosit dalam darah, dan meningkatkan ketersediaan oksida nitrat.

Mengonsumsi bawang merah dipercaya ampuh membersihkan pembuluh darah dan menjaga pembuluh darah lebih sehat.

5. Rempah

Rempah-rempah termasuk jahe, merica, cabai, dan kayu manis dapat membantu melindungi pembuluh darah. Sifat anti-inflamasi pada rempah-rempah tersebut dapat membantu mengurangi penggumpalan trombosit darah.

6. Brokoli

Brokoli dan sayuran serupa seperti kubis dan kembang kol dipercaya ampuh membersihkan pembuluh darah. Penelitian menunjukkan, mengonsumsi brokoli dapat menurunkan risiko kematian oleh penyakit yang disebabkan penyumbatan pembuluh darah.

7. Bit

Buah bit adalah sumber nitrat, yang kemudian oleh tubuh diolah menjadi oksida nitrat. Mengonsumsi makanan yang kaya akan nitrat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan mencegah penyumbatan.



Simak Video "Punya Resolusi Diet di Tahun 2023? Simak Tips Suksesnya"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT