4 Mitos Rambut Putih, Disinggung Jokowi Soal Ciri Pemimpin Merakyat

ADVERTISEMENT

4 Mitos Rambut Putih, Disinggung Jokowi Soal Ciri Pemimpin Merakyat

Nurul Febian Danari - detikHealth
Minggu, 27 Nov 2022 11:00 WIB
Hair dyeing for a young man in a hairdressing salon. the master bleaches the hair of the client
Benarkah rambut putih karena sering mikir? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Elena KHarchenko)
Jakarta -

Rambut putih kerap dikaitkan dengan stres. Nyatanya tidak selalu demikian, beberapa orang cepat beruban karena faktor lain seperti penyakit.

Selama ini banyak sekali anggapan yang keliru tentang rambut putih alias uban. Mitos-mitos tersebut banyak dipercaya oleh masyarakat, salah satunya yakni stres yang dapat memicu rambut memutih.

Lantas apa penyebab munculnya uban? Dikutip dari Harvard Health, rambut tidak bisa berubah warna sama sekali. Folikel rambut memiliki zat melanin alias pewarna alami rambut. Ketika folikel memproduksi rambut, warna sudah terbentuk. Seiring bertambahnya usia, zat pewarna alami pada rambut ini semakin berkurang dan mati sehingga rambut cenderung akan berwarna abu-abu atau putih, yang selanjutnya disebut sebagai uban.

Uban merupakan salah satu tanda penuaan. Namun, uban juga bisa muncul pada usia berapa saja dengan faktor-faktor tertentu.

Berikut beberapa mitos terkait uban yang banyak dipercaya, dikutip dari Health Site.

1. Sering Mewarnai Rambut Bisa Bikin Beruban

Mewarnai rambut tidak ada hubungannya dengan uban. Penggunaan pewarna rambut yang terlalu sering dapat membuat rambut menjadi tidak sehat. Rambut akan mudah rapuh dan mudah kering.

2. Mencabut Uban Bikin 3 Rambut Lainnya Memutih

Mencabut uban tidak akan mempengaruhi rambut lain di sekitarnya. Sayangnya, ahli menyebutkan bahwa mencabut uban akan menyebabkan kerusakan permanen pada folikel rambut sehingga setelah dicabut, tidak akan ada rambut lagi yang tumbuh.

NEXT: Benarkah karena sering mikir?



Simak Video "Indonesia dan China Kerja Sama Kembangkan Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT