Bisa Lolos Pemeriksaan Antigen, Seberapa Bahaya Sih COVID Varian XBB?

ADVERTISEMENT

Bisa Lolos Pemeriksaan Antigen, Seberapa Bahaya Sih COVID Varian XBB?

Yudistira Perdana Imandiar - detikHealth
Jumat, 02 Des 2022 08:13 WIB
Ilustrasi
Foto: Shutterstock
Jakarta -

COVID-19 varian Omicron XBB diketahui telah masuk ke Indonesia. Varian anyar ini disinyalir menjadi pemicu naiknya kasus COVID-19 di Tanah Air.

Berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan RI, Meski gejalanya relatif lebih ringan dibandingkan subvarian Omicron BA.4 dan BA,5, Omicron XBB memiliki kemampuan menular lebih cepat dibandingkan varian-varian Corona lainnya. Varian baru COVID-19 itu juga memiliki kemampuan untuk menghindar dari antibodi yang ada pada tubuh, termasuk antibodi karena vaksin.

Di samping itu, Departemen Kesehatan Filipina menyebut Omicron XBB berpotensi tidak terdeteksi dalam pengujian antigen. Sehingga, butuh tes RT-PCR untuk mendeteksi COVID-19 varian baru tersebut.

Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat melaporkan secara umum gejala varian ini mirip seperti gejala COVID-19. Beberapa gejala umum yang timbul, yakni demam atau menggigil, batuk, sesak, badan lemas dan mudah lelah, nyeri otot dan tubuh, pilek atau hidung tersumbat, sakit kepala. Beberapa pengidap Omicron XBB juga mengalami kehilangan indera perasa atau penciuman, sakit tenggorokan, mual atau muntah, serta diare.

Meskipun gejalanya relatif lebih ringan dari varian yang muncul sebelumnya, risiko fatal dari COVID-19 Omicron XBB tetap tak boleh dikesampingkan. Kementerian Kesehatan menyebut keparahan akibat varian baru ini dapat menerpa orang-orang yang belum divaksin COVID-19 dan orang dengan komorbid. Kelompok lansia merupakan yang paling rentan mengalami risiko parah dari Omicron XBB.

Penyebaran COVID-19 varian Omicron XBB mesti diwaspadai, tapi masyarakat tak perlu khawatir berlebihan menyikapi hal ini. Penularan dapat dihindari dan dicegah dengan beberapa cara. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan booster vaksin COVID-19, segera booster untuk meningkatkan imun tubuh.

Selain itu, disiplin memakai masker mesti kembali diterapkan untuk mencegah penularan, terutama di tempat-tempat umum dan keramaian. Hendaknya Anda tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan agar terhindar dari risiko penularan.

Selanjutnya, penting untuk selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) guna mencegah paparan COVID-19 Omicron XBB. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang. Jangan kesampingkan buah dan sayur dalam menu makan harian. Jangan lupa juga untuk rutin melakukan aktivitas fisik di rumah, seperti yoga, bersepeda, atau sekadar berjalan kaki di sekitar rumah selama 15 menit.

Mengonsumsi vitamin dan suplemen penambah imun tubuh juga dapat meningkatkan benteng pertahanan dari paparan COVID-19 Omicron XBB. Lengkapi nutrisi harian dengan minum susu Ensure Gold dua kali sehari yang diperkaya dengan HMB, kaya akan vitamin dan mineral untuk bantu jaga kekuatan dan daya tahan tubuh agar tubuh lebih aktif dan hidup lebih berkualitas meski di tengah ancaman berbagai risiko penyakit.

Ensure Gold satu-satunya nutrisi dewasa di Indonesia mengandung HMB (hidroksi metil butirat - metabolit asam amino leucin) yang terbukti secara klinis untuk kesehatan masa otot dan triple protein protein whey, kasein dan soya. Ensure Gold juga kaya akan kalsium, omega 3 & 6, 14 vitamin, dan 9 mineral yang cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi orang dewasa sehat pada umumnya dan lanjut usia.

Kandungan tinggi kalsium pada Ensure Gold membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang. Tinggi kalsium juga mampu mencegah pengeroposan tulang dan menjaga massa otot pada lansia dan mencegah pengeroposan tulang dan menjaga massa otot.

Ensure Gold juga bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh karena memiliki antioksidan, zinc, triple protein, dan vitamin A & D yang punya peran penting untuk tubuh. Susu bernutrisi tinggi ini tersedia dalam 3 rasa yang lezat, yakni vanilla, cokelat, dan gandum.

Lengkapi kebutuhan nutrisi harian dengan konsumsi Ensure Gold setiap hari! Informasi seputar gaya hidup sehat, yuk kunjungi ensure.co.id!



Simak Video "Orang yang Belum Terpapar Covid-19 Lebih Berisiko Terkena Varian XBB"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT