Fakta-fakta 'Wabah' Fentanil di AS, Bikin Warga Tewas Tergeletak di Jalanan

ADVERTISEMENT

Fakta-fakta 'Wabah' Fentanil di AS, Bikin Warga Tewas Tergeletak di Jalanan

Alethea Pricila - detikHealth
Jumat, 02 Des 2022 06:30 WIB
Di sebuah gang kecil di Los Angeles yang kotor, penuh tunawisma pecandu fentanil yang sakau. Beberapa dari mereka bahkan tewas karena overdosis.
Foto: AP Photo/Jae C. Hong
Jakarta -

Sebuah gang kecil yang kotor di Los Angeles, Amerika Serikat menjadi sorotan publik. Hal ini bukan karena kondisi tempat yang kotor melainkan orang yang berada di tempat tersebut yang merupakan pecandu fentanil.

Kini beredar berbagai foto yang memperlihatkan situasi gang kecil tersebut dipenuhi oleh tunawisma pecandu fentanil yang sedang sakau. Salah satunya adalah Ryan Smith yang merupakan pecandu fentanil. Dirinya mengalami kejang-kejang saat sakau. Bahkan ketika musim sedang panas, kondisinya berubah dengan cepat dari tidur hingga menggigil.

Apa itu Fentanil?

Fentanil merupakan suatu obat yang dikembangkan untuk mengobati rasa sakit yang hebat akibat penyakit seperti kanker. Penggunaan fentanil dalam dosis kecil dapat berakibat fatal karena obat ini 50 kali lebih kuat dari heroin.

Menurut Badan Penegakan Narkotika Amerika Serikat menyebut bahwa fentanil dengan cepat menjadi obat mematikan di Amerika Serikat. Tak hanya itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyebut bahwa ada tahun 2021, dua pertiga dari 107.000 kematian overdosis disebabkan oleh opioid sintetik seperti fentanil.

Seberapa Bahaya Fentanil?

Pada April 2020 hingga Maret 2021 di Los Angeles, terhitung hampir 2.000 tunawisma meninggal. Departemen Kesehatan Masyarakat Los Angeles County melaporkan bahwa angka ini mengalami peningkatan sebanyak 56 persen dari tahun sebelumnya.

Bagi orang yang menggunakan obat tersebut akan mengalami ketergantungan. Mereka akan tidur yang diikuti oleh sakau akan fentanil dan itu bersifat permanen. Obat yang sangat adiktif ini telah 'menghantui' seluruh Amerika Serikat dan berdampak pada semakin banyaknya orang yang hidup di jalanan Los Angeles.



Simak Video "Hasil Uji Obat Sirup yang Dikonsumsi Pasien Gagal Ginjal Akut"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT