Dokter Wanti-wanti, Ini Dampak Serius Minum Kopi Sambil Makan

ADVERTISEMENT

Dokter Wanti-wanti, Ini Dampak Serius Minum Kopi Sambil Makan

Alethea Pricila - detikHealth
Jumat, 02 Des 2022 21:38 WIB
Ilustrasi kopi cethe Tulungagung.
Minum kopi sambil makan, amankah? (Foto: Adhar Muttaqin)
Jakarta -

Kopi, susu, dan teh merupakan jenis minuman yang cukup sering dikonsumsi sembari makan. Ternyata ketiga minuman tersebut justru disebut dapat memicu anemia jika dikonsumsi berbarengan dengan mengonsumsi makanan.

Anemia merupakan suatu kondisi yang disebabkan karena kurangnya sel darah merah atau sel darah yang tidak berfungsi dalam tubuh.

Ketiga jenis minuman harus dihindari karena mengganggu penyerapan makanan. Hal ini diucapkan langsung oleh Ketua Umum Perhimpunan Hematologi dan Transfusi Darah Indonesia (PHTDI), Dr dr TB Djumhana Atmakusuma, SpPD-KHOM.

"Pada saat makanan diserap itu harus dalam bentuk maksimal karena kalau ada teh, kopi, atau susu itu di dinding dari usus itu menghambat absorpsi (penyerapan)," ucapnya ketika menghadiri acara Peluncuran Kampanye 'Jangan Cuek, Ayo Cek Gejala Kurang Darah' di daerah Jakarta Pusat.

"Akibatnya zat besi dalam tubuh itu kurang dan bisa jadi anemia. Jadi oleh karena itu pada orang-orang tertentu," lanjutnya.

Oleh karena itu dr Djumhana menganjurkan untuk memberi jeda setidaknya dua jam setelah makan agar penyerapan di proses dengan baik.

"Jadi kosongkan dulu perutnya, bukan kosongkan dari makanan tapi dari teh, susu, dan kopi. Nanti setelah dua jam kan proses penyerapan akan selesai baru boleh minum," pesannya.



Simak Video "Kata Ahli Gizi soal Viral Bayi Dikasih Kopi hingga BAB 9 Kali"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT