6 Kebiasaan Ini Bikin Sperma 'Ambyar', Hindari Jika Ingin Pasangan Cepat Hamil

ADVERTISEMENT

6 Kebiasaan Ini Bikin Sperma 'Ambyar', Hindari Jika Ingin Pasangan Cepat Hamil

Fadilla Namira - detikHealth
Minggu, 04 Des 2022 19:45 WIB
ilustrasi sperma
Kebiasaan yang menurunkan kualitas sperma (Foto: iStock)
Jakarta -

Kesehatan seksual berperan penting dalam menentukan kesuburan seorang pria. Tidak hanya terhindar dari infeksi menular, menjaga kesehatan seksual juga berguna menyehatkan fisik dan mental.

Peluang pembuahan kantung telur wanita akan menurun jika jumlah sel sperma dalam air mani terlalu rendah. Pun tidak hanya kuantitas yang menentukan pembuahan, tetapi juga kualitas sperma. Untuk mendapatkannya, seorang pria tentunya harus memiliki kesehatan seksual yang baik.

Namun, pola hidup yang tidak sehat dan faktor tekanan pekerjaan dapat memperburuk kesehatan seksual, terutama bagi pria dewasa. Bila hal itu terjadi, hasrat berhubungan seksual bisa berkurang dan nantinya berakibat negatif pada keharmonisan rumah tangga.

6 Kebiasaan yang Bikin Kualitas Sperma Menurun

Dikutip dari Pulse, sebaiknya jauhi enam kebiasaan ini agar tingkat kesuburan pada pria tetap terjaga:

1. Alkohol

Minum alkohol setiap hari dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan reproduksi pada pria. Hal ini dapat menurunkan kadar testosteron dan menyebabkan penurunan produksi sperma. Jadi, kurangilah pengonsumsian alkohol guna menjaga kesehatan seksual dalam jangka panjang.

2. Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Jika ingin menjaga tingkat kesuburan tetap baik, sebaiknya hentikan makan junk food dan berlemak terlalu banyak. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, pria yang sering mengonsumsi daging olahan memiliki jumlah sel sperma normal yang jauh lebih rendah daripada orang lain yang menyantap makanan tersebut sesekali.

3. Tidak Menjaga Berat Badan Ideal

Obesitas tidak hanya mengurangi jumlah sperma, tetapi juga mempengaruhi struktur fisik dan molekuler sel benih di testis. Dengan demikian, rutinlah mengatur pola makan yang sehat dan rajin berolahraga.

4. Stres

Tekanan pekerjaan atau masalah yang berat bisa menyebabkan masalah psikologis, seperti stres dan depresi. Diketahui, stres dan depresi dapat berdampak negatif pada kesuburan karena mengganggu produksi sperma.

Sebagai pencegahan, teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi dapat membantu mengurangi stres. Para pria juga bisa melakukan aktivitas apa pun sesuai hobinya seperti membaca, fotografi, bermain gim, atau memainkan alat musik agar tetap tenang dan puas.



Simak Video "Infeksi Corona Disebut Berpotensi Bikin Mandul"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT