Kisah Artis Indonesia yang Keguguran saat Hamil di Usia 40 Tahun

ADVERTISEMENT

Kisah Artis Indonesia yang Keguguran saat Hamil di Usia 40 Tahun

Alethea Pricila - detikHealth
Senin, 05 Des 2022 19:01 WIB
Istri Sedang Hamil Ngidam dan Kelaparan, Suami Ini Justru Bentak Istrinya
Ilustrasi (Foto: Ilustrasi Visual/iStock)
Jakarta -

Keguguran merupakan hal yang dapat dialami oleh setiap wanita dengan berbagai faktor penyebab. Kondisi ini biasanya terjadi pada kehamilan sebelum usia 13 minggu.

Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan dr Gorga I.V.W Udjung SpOG, keguguran merupakan salah satu risiko kesehatan yang dapat terjadi pada setiap ibu hamil. Setiap kehamilan disebut berisiko mengalami abortus spontan sebesar 10 hingga 20 persen.

"Biasanya sebanyak 80 persen terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan atau trimester satu," ucap Gorga kepada Haibunda, beberapa waktu lalu.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab keguguran. Salah satunya adalah faktor maternal yakni usia ibu di atas 35 tahun dan adanya penyakit tertentu yang diidap sang ibu. Kehilangan janin ini juga terjadi pada beberapa publik figur. Beberapa dari mereka juga mengalaminya di saat usia 40 tahunan.

Publik Figur yang Keguguran di Usia 40 Tahun

1. Lyra Virna

Pada awal Oktober 2022, artis Lyra Virna dikabarkan mengalami keguguran di usia 41 tahun. Kabar ini diunggahnya dalam akun Instagramnya, ia menceritakan banyak hal yang terjadi pada janinnya. Lyra juga sempat merasa bersalah karena tidak dapat menjaga janin.

"Qadarullah Allah punya kehendak lain. Maafin Umi ga bisa jagain kamu ya," tulisnya.

Meski begitu, Lyra mengaku sudah ikhlas dan tetap bahagia karena bisa diberikan kesempatan hamil selama 7 minggu. Ia tidak menjelaskan penyebab kondisi ini dapat terjadi padanya dalam unggahan Instagramnya. dan hanya mengungkapkan perasaannya usai mengalami keguguran.

2. Widi Mulia

Widi Mulia mengalami keguguran pada kehamilan keempatnya pada Juli 2022. Saat itu umurnya 43 tahun dengan usia kehamilan 10 minggu. Ia mengetahui kondisi janinnya tersebut melalui pemeriksaan USG dan hasilnya menunjukkan detak jantung sang janin berhenti di usia kehamilan 10 minggu.

Melalui unggahan Instagram, penyanyi itu menjelaskan tanda-tanda yang dialaminya yang disebut mirip seperti masuk angin yakni nyeri dan mual di perut bagian atas. Ia juga mengeluarkan gumpalan dan kontraksi. Kini, Widi dang sang suami Dwi Sasono mengaku sudah ikhlas atas kepergian sang calon buah hati mereka.

"Sampai jumpa di kehidupan berikutnya: Dinanti, anak ibu bapak yang belum sempat kami jumpai rupanya. Terima kasih untuk sebulan kehadiranmu dalam rahim ibu yang sudah memberi semangat dan kebahagiaan yg berlimpah. Sampai bertemu di keabadian ya nak. AlFatihah," tulisnya di Instagramnya.

KLIK DI SINI UNTUK HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Selamat! Greysia Polii Umumkan Hamil Anak Pertama"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT