Soal Neck Strain, Cedera yang Bikin Lisa BLACKPINK Batal 'Pole Dance' di Konser

ADVERTISEMENT

Soal Neck Strain, Cedera yang Bikin Lisa BLACKPINK Batal 'Pole Dance' di Konser

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Selasa, 06 Des 2022 15:00 WIB
Lisa
Lisa BLACKPINK mengalami cedera leher atau neck strain. (Foto: dok. Instagram @lalalalisa_m)
Jakarta -

Lisa BLACKPINK mengalami cedera leher atau neck strain saat konser di Barcelona. Kondisi itu membuat Lisa memutuskan untuk tidak melakukan penampilan 'pole dance'.

Lewat akun Instagram resminya @lalalisa_m, Lisa meminta maaf kepada penggemarnya. Ia juga mengungkapkan kondisinya saat ini sudah jauh lebih baik.

"Aku tahu Blinks (penggemar BLACKPINK) sudah menunggu untuk bisa menyaksikan pole dance. Dan aku ingin mengabarkan pada kalian bahwa sekarang aku sudah merasa jauh lebih baik. Terima kasih untuk semua Blinks!" tulis Lisa pada Selasa (6/12/2022).

Neck Strain adalah ketegangan leher yang terjadi saat satu atau lebih serat otot atau tendon leher meregang terlalu jauh dan robek. Kondisi ini sering disebut sebagai 'otot tertarik'.

Tingkat keparahan cedera tergantung pada ukuran dan lokasi robekan, misalnya seperti ringan, pegal, hingga tajam dan melelahkan. Namun, kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu.

Penyebab Neck Strain

Dikutip dari Mayo Clinic, ada beberapa penyebab neck strain seperti:

Strain otot

Otot bekerja berlebihan, seperti terlalu banyak berjam-jam membungkuk di depan komputer atau smartphone, seringkali memicu ketegangan otot. Bahkan hal-hal kecil, seperti membaca di tempat tidur dapat membuat otot leher tegang.

Gangguan sendi

Persendian bagian leher cenderung mengalami gangguan aus seiring bertambahnya usia. Efeknya, tubuh sering membentuk taji tulang yang dapat mempengaruhi gerak sendi dan menyebabkan nyeri.

Kompresi saraf

Disk hernia atau taji tulang di tulang belakang leher dapat menekan saraf yang bercabang dari sumsum tulang belakang.

Cedera

Tabrakan otomatis dari belakang sering mengakibatkan cedera whiplash. Ini terjadi saat kepala tersentak ke belakang dan kemudian ke depan, seperti meregangkan jaringan lunak leher.

Penyakit tertentu

Beberapa penyakit tertentu seperti rheumatoid arthritis, meningitis, atau kanker dapat menyebabkan nyeri leher.

Gejala Neck Strain

  • Nyeri yang sering terjadi saat menahan kepala di satu tempat dalam waktu lama, seperti saat mengemudi atau bekerja di depan komputer
  • Ketegangan dan kejang otot
  • Penurunan kemampuan menggerakkan kepala
  • Sakit kepala


Simak Video "Tanda-tanda yang Perlu Diwaspadai Bila Seseorang Alami Cedera Kepala"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT