Viral Pengantin Harus 'Pisah' usai Sebulan Nikah, Suami Meninggal karena Kanker

ADVERTISEMENT

Viral Pengantin Harus 'Pisah' usai Sebulan Nikah, Suami Meninggal karena Kanker

Fadilla Namira - detikHealth
Jumat, 09 Des 2022 13:00 WIB
Ilustrasi Pernikahan
Viral suami meninggal karena kanker usai sebulan menikah. (Foto: Getty Images/iStockphoto/luana rigolli)
Jakarta -

Kisah sedih sekaligus menyayat hati datang dari Selangor, Malaysia. Seorang istri yang baru menikah sebulan harus rela menerima kepergian suaminya akibat mengidap kanker otot (leiomyosarcoma) stadium empat pada Rabu (7/12/2022).

"Tolong doakan suami saya, Mohd Hashmi Arifin," tulis Siti Marha Azuar di video Tiktoknya @marhashmi121122.

Dalam video yang berdurasi 28 detik itu, terlihat beberapa pria keluar rumah sambil membawa peti mati suaminya yang kemudian dimasukkan ke dalam mobil jenazah.

Sebelumnya, pernikahan Siti Marha pernah viral di media sosial karena sang suami yang tengah sakit harus mengucapkan ijab kabul sambil duduk di sofa pelaminan. Hal itu pun mencuri perhatian netizen pada November lalu.

Selama menjalin rumah tangga, Siti Marha senantiasa menemani mendiang suaminya menjalani perawatan di rumah sakit. Bahkan, ia juga sempat membagikan video komplikasi rutinitas pengobatan suaminya sebelum menutup usia di umur 36 tahun.

Sebagai informasi, leiomyosarcoma adalah jenis kanker langka yang bermula di jaringan otot polos. Jaringan otot polos terdapat di banyak area tubuh, seperti sistem pencernaan, sistem saluran kemih, pembuluh darah, dan rahim.

Dikutip dari Mayo Clinic, pertumbuhan sel sarkoma jaringan lunak ini paling sering dimulai pada bagian perut atau rahim. Leiomyosarcoma berpeluang menyebar dengan cepat dan menghancurkan jaringan tubuh normal.

Tanda dan gejala leiomyosarcoma tergantung di mana kanker berkembang. Tandanya bisa berupa rasa sakit, penurunan berat badan, dan benjolan atau pembengkakan yang tumbuh yang bisa dirasakan melalui kulit.

Penyebab Kanker Otot

Para ahli medis tidak mengetahui pasti apa penyebab kanker langka ini. Secara umum, kanker terjadi ketika sel mengalami mutasi pada DNA. Mutasi tersebut membuat sel tumbuh di luar kendali sehingga membentuk tumor yang dapat menyerang jaringan di dekatnya.

Laman Cleveland menulis, kanker ini sifatnya bisa turun-menurun dari orang tua. Pun penyebab lainnya adalah riwayat terapi radiasi dan paparan bahan kimia tertentu, seperti pestisida atau racun rumput.



Simak Video "Berikut Kebiasaan yang Dapat Memicu Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT