Penyebab Serangan Jantung, Dialami Sang Paman di Kasus Keluarga Kalideres

ADVERTISEMENT

Penyebab Serangan Jantung, Dialami Sang Paman di Kasus Keluarga Kalideres

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jumat, 09 Des 2022 18:00 WIB
Puslabfor Polri cek suhu dan kelembaban udara di rumah sekeluarga mengering di Kalideres, Jakarta Barat.
Terungkap penyebab kematian paman di keluarga Kalideres karena serangan jantung. (Foto: Puslabfor Polri cek suhu dan kelembaban udara di rumah sekeluarga 'mengering' di Kalideres, Jakarta Barat. (Rumondang Naibaho/detikcom))
Jakarta -

Laboratorium Forensik Polri telah mengungkap penyebab salah satu dari empat orang di keluarga Kalideres, Jakarta Barat, yaitu Budiyanto Gunawan (68). Menurut Dokter Spesialis Patologi Anatomi Sub Spesialis Patologi Forensik RS Polri, dr Asri Megaratri Pralebda SpF, Budiyanto meninggal karena serangan jantung.

"Sebab kematian dari Pak Budiyanto, serangan jantung yang baru, atau yang akut," kata Asri dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (9/12/2022).

dr Asri juga mengungkapkan bahwa Budiyanto dan Dian Febbyana (42) tidak karena kelaparan. Sebab, berdasarkan analisa feses ditemukan karbohidrat dan serat pada feses keduanya.

"Dan ditemukannya analisa feses, yakni ditemukannya karbohidrat dan serat pada Budiyanto dan Mbak Dian, itu sudah menyingkirkan asumsi bahwa berdua meninggal karena kelaparan," sambung dia.

Serangan jantung adalah kondisi yang terjadi saat aliran darah ke jantung tersumbat. Penyumbatan ini biasanya karena penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain yang ada di dalam arteri jantung (koroner).

Dikutip dari Mayo Clinic, endapan berlemak dan mengandung kolesterol itu disebut plak. Plak ini bisa pecah dan membentuk gumpalan yang menghalangi aliran darah, dan bisa merusak bahkan menghancurkan bagian dari otot jantung.

Selain itu, adapun faktor lain yang bisa memicu serangan jantung, seperti:

Spasme arteri koroner

Ini merupakan tekanan darah pada pembuluh darah yang tidak tersumbat. Arteri umumnya tidak memiliki plak kolesterol atau ada pengerasan awal pembuluh darah, karena merokok atau faktor risiko lainnya.

Infeksi tertentu

Serangan jantung juga bisa terjadi karena infeksi tertentu, COVID-19 atau infeksi lain yang menyebabkan kerusakan pada otot jantung.

Diseksi arteri koroner spontan (SCAD)

Kondisi yang mengancam jiwa ini disebabkan oleh robekan yang terjadi di dalam arteri jantung.



Simak Video "Hindari Serangan Jantung Saat Bersepeda!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT