7 Bentuk Miss V yang Kerap Bikin Insecure, Padahal Normal Banget!

ADVERTISEMENT

7 Bentuk Miss V yang Kerap Bikin Insecure, Padahal Normal Banget!

Fadilla Namira - detikHealth
Jumat, 09 Des 2022 20:48 WIB
Lips embroidered with red thread on white fabric. Lips sewn with black thread.
Macam-macam bentuk Miss V kerap bikin insecure (Foto: Getty Images/iStockphoto/Natalija Grigel)
Jakarta -

Struktur luar vagina yang disebut vulva bervariasi pada setiap wanita, mulai dari bentuk hingga warnanya. Akan tetapi, bentuknya yang terlihat 'unik' terkadang mendatangkan pertanyaan bagi wanita 'apakah ini normal'?

Hasil studi oleh Data Bedah Kosmetik Nasional pada 2017 menunjukkan bahwa labiaplasti meningkat sebesar 213 persen dari 2012-2017. Labiaplasti adalah prosedur bedah plastik guna mengubah lipatan-lipatan kulit (labia) di sekitar vulva.

Itu berarti, semakin banyak orang mencari prosedur kosmetik tersebut untuk mengubah penampilan vagina. Dokter spesialis obgyn dan kesehatan wanita, dr Sherry Ross menyebut, adalah hal wajar jika bentuk vagina berbeda-beda. Jadi, pembedahan plastik tidak perlu dilakukan selagi kondisinya tersebut masih normal.

Lalu, seperti apa bentuk vagina yang dikatakan normal? Berikut rinciannya dikutip dari Insider:

1. Labia Tidak Simetris

Tipe ini ditandai dengan salah satu labia berbentuk lebih dominan atau tebal ketimbang lainnya. Bentuk ini sangat normal dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

2. Labia Dalam dan Luar Besar

Sangat wajar jika wanita memiliki bentuk vagina ini. Biasanya, bentuk ini memperlihatkan ukuran labia dalam dan luar lebih besar atau menonjol.

3. Labia Luar Menonjol

Beberapa wanita memiliki bibir vagina luar yang lebih kecil dan pendek. Hal ini mengakibatkan posisi labia dalam sedikit keluar. Terkadang, bentuk ini memicu ketidaknyamanan fisik karena lebih banyak kulit vagina sensitif yang terbuka.

4. Labia Dalam Menonjol

Jenis labia ini menunjukan labia dalam (minor) memanjang keluar sehingga terlihat lebih menonjol. Labia dalam menonjol mengakibatkan bentuk dalam miss V tampak lebih jelas.



Simak Video "Mengenal Teknologi Chip 'Vagina': Fungsi hingga Cara Kerja"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT