7 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras dengan Bahan Alami

ADVERTISEMENT

7 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras dengan Bahan Alami

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jumat, 16 Des 2022 17:16 WIB
Karang gigi
Cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras secara alami. (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras ternyata bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Karang gigi pastinya menjadi salah satu permasalahan gigi yang sangat mengganggu.

Karang gigi merupakan plak yang disebabkan oleh makanan, minuman, garam mineral, dan bakteri yang menempel di gigi. Lalu, bagaimana membersihkannya?

Cara Membersihkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

Dikutip dari NDTV, berikut cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras dengan cara yang alami:

1. Soda Kue

Cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras yang pertama bisa dengan soda kue. Bahan yang dibutuhkan adalah satu sendok teh soda kue, pasta gigi, garam (opsional), dan sikat gigi.

Campurkan soda kue dengan garam, atau cukup gunakan soda kue. Letakkan bahan campuran tersebut ke sikat gigi dan mulai menyikat gigi. Setelah itu, berkumur dengan air hangat.

Selain itu, bisa juga mencampur soda kue dengan pasta gigi dan mulai sikat gigi dengan campuran itu. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan soda kue ini. Sebab, penggunaan yang berlebih bisa merusak enamel gigi.

Ulangi salah satu dari cara ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

2. Jambu Biji

Buah dan daun dari jambu biji bisa membantu menghilangkan plak dan karang gigi secara alami. Keduanya mengandung anti-plak yang kuat dan efektif, serta mengurangi pembengkakan gusi.

Cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras dengan kedua bahan ini hanya perlu mengunyah daun jambu biji bersih setiap hari dan membuangnya. Ini akan mengurangi risiko penumpukan plak pada gigi.

Selain itu, bisa juga dengan menaburkan garam di atas jambu biji mentah dan kunyah sekali atau dua kali sehari.

3. Cuka Putih

Cuka putih memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu menghilangkan plak dan karang gigi serta mencegah penumpukannya. Asam asetat dalam cuka putih mendorong demineralisasi enamel gigi.

Cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras dengan cuka, siapkan larutan cuka putih dan gunakan sebagai obat kumur secara rutin. Ambil setengah cangkir air, tambahkan 2 sendok teh cuka putih dan setengah sendok teh garam ke dalamnya. Aduk rata dan gunakan dua kali sehari untuk berkumur.

4. Kulit Jeruk

Cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras juga bisa dengan kulit jeruk. Caranya, ambil sepotong kulit jeruk dan gosokkan pada gigi selama 2 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Ulangi ini dua atau tiga kali seminggu. Ini adalah cara yang murah dan efektif untuk menghilangkan karang gigi putih pada gigi.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya juga ternyata bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi. Caranya, gunakan bersama dengan bahan lain seperti teh gliserin, soda kue, minyak esensial lemon, dan secangkir air.

Ambil satu sendok teh gel lidah buaya, empat sendok teh gliserin, 5 sendok makan soda kue, minyak esensial lemon, dan secangkir air. Campur dengan baik dan gosok gigi dengan itu. Ulangi ini setiap hari sampai plak dan karang gigi hilang. Setelah itu lakukan ini setiap tiga sampai empat hari.

6. Menggunakan Makanan Kaya Vitamin C

Makanan kaya vitamin C seperti stroberi dan tomat mengandung sifat anti-mikroba yang berfungsi untuk menghilangkan bakteri dari mulut. Ini bisa mengurangi penumpukan karang gigi.

Siapkan campuran tomat dan stroberi yang sudah dihaluskan seperti bubur. Oleskan pada gigi dan biarkan selama 5 menit, setelah itu bilas dengan bersih. Ulangi cara ini dua kali seminggu sampai melihat perbedaannya.

7. Makan Makanan Pedas

Cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras ternyata bisa menggunakan makanan pedas. Mengkonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan produksi air liur di mulut yang membantu membersihkan gigi dan gusi.

Salah satu caranya, bisa dengan mengunyah beberapa paprika untuk menghilangkan karang gigi dan penumpukan plak pada gigi.



Simak Video "Dekade: Bahaya Menggeretak Gigi Saat Tidur"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT