Venna Melinda Jalani Pemulihan Trauma Healing, Begini Prosesnya

ADVERTISEMENT

Venna Melinda Jalani Pemulihan Trauma Healing, Begini Prosesnya

Fitriana Fatmawati - detikHealth
Minggu, 22 Jan 2023 20:59 WIB
Venna Melinda
Aktris Venna Melinda jalani trauma healing. (Foto: Instagram @vennamelindareal)
Jakarta -

Setelah mengalami kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) beberapa waktu lalu, kini Venna Melinda tengah menjalani pengobatan rasa trauma.

Venna melakukan konsultasi dengan dokter yang disebut trauma healing, didampingi oleh Roro Fitria, ia juga meminta doa untuk proses kesembuhan yang dijalaninya imbas dari trauma dan luka di beberapa bagian tubuh akibat KDRT Ferry Irawan.

"Alhamdulillah,, Treatment pertama lancar,, Matur Suwun nggih @docdicky @chitra.mulia @roro.fitria1989 ,,, Bismillahirahmanirohim," cuit Ibunda Verrel Bramasta di akun Instagram pribadinya beberapa waktu lalu.

[Gambas:Instagram]



Apa Itu Trauma Healing?

Trauma healing adalah suatu tindakan untuk membantu mengurangi atau menghilangkan gangguan psikologis yang sedang dialami korban, hal ini disebabkan oleh adanya syok atau trauma. Tujuan dari trauma healing untuk memberikan perasaan kepada korban bahwa mereka memiliki kendali atas hidupnya kembali.

Pemulihan akibat trauma tidak selalu berjalan mulus, bahkan seringkali membutuhkan waktu yang lama. Sebab, efek dari trauma itu sendiri melingkupi semua sudut kehidupan korban, mulai dari rencana masa depan, hingga kesehatan fisik.

Langkah pertama dari trauma healing adalah menyediakan ruang yang aman. Rasa aman akan mendorong korban untuk terbuka dan mengungkap detail rasa sakit yang mereka alami.

Dikutip dari Healthline, menurut Extended Transformational Model, pemulihan trauma terjadi dalam lima tahap:

  1. Pre-trauma characteristic, merujuk keadaan umum saat trauma terjadi.
  2. Rumination, tahap ini, otak akan bekerja untuk memproses trauma dan mencari tahu apa yang terjadi.
  3. Event centrality, tahap ini menandai titik balik seseorang. Korban telah mengetahui bagaimana trauma telah mengubah hidupnya.
  4. Control, tahap ini, korban mulai mengambil langkah aktif untuk mengubah hidup dan mengatasi gejala trauma yang datang.
  5. Mastery, di sini korban mulai menyesuaikan diri dengan kehidupan pasca trauma. Meskipun trauma terkadang masih memengaruhi, namun pada tahap ini trauma tidak lagi dapat mengendalikan hidup korban.


Simak Video "Perlukah Pelaku KDRT Diterapi? Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(Fitriana Fatmawati/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT