Bantah Jadi Korban KDRT, Melaney Ricardo Tak Tahu Arti Kode Jari Minta Tolong

ADVERTISEMENT

Bantah Jadi Korban KDRT, Melaney Ricardo Tak Tahu Arti Kode Jari Minta Tolong

Hana Nushratu - detikHealth
Rabu, 25 Jan 2023 14:00 WIB
Melaney Ricardo
Melaney Ricardo mencontohkan simbol minta tolong untuk korban KDRT. (Foto: Instagram @melaney_ricardo)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, aktris Melaney Ricardo mengklarifikasi video viralnya. Dalam video tersebut, ia kerap menunjukkan empat jari yang disimbolkan sebagai tanda untuk minta tolong bagi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang bersifat SOS atau darurat.

Namun, Melaney membantah hal tersebut. Istri Tyson Lynch tersebut melakukan hal ini lantaran tak ingin hiasan kukunya copot dan terlihat jelek di kamera.

"Aku itu kan gratil luar biasa, gue tuh sebal kalau kuku gue kelihatan jelek di kamera," ujar Melaney dalam tayangan Rumpi No Secret di Trans TV, Selasa (24/1/2023).

"Jadi gue ngelakuin kayak gini dengan empat jari, empat yang gini-gini (sambil mencontohkan kode tersebut)," lanjutnya.

Melaney berterima kasih kepada netizen Indonesia yang memberikan peringatan tersebut. Ia mengaku mendapatkan pelajaran dari para netizen.

"Tuh lihat ya, netizen Indonesia mengajarkan aku bahwa ternyata ada banyak tanda-tanda ada banyak arti yang aku juga baru belajar," kata Melaney.

Mengenal Tanda Empat Jari

Dikutip dari situs Bank Dunia, sinyal untuk bantuan (The Signal for Help) merupakan isyarat satu tangan yang dapat digunakan oleh seseorang untuk memperingatkan orang lain bahwa mereka merasa terancam dan membutuhkan bantuan melalui panggilan video, atau secara langsung.

Awalnya, isyarat ini dibuat sebagai alat untuk memerangi peningkatan kasus KDRT di seluruh dunia sebagai akibat dari tindakan isolasi diri ketika pandemi COVID-19.

Isyarat dilakukan dengan mengangkat tangan ke atas dengan ibu jari yang terlipat. Isyarat ini dilakukan secara berulang kali agar mudah diketahui orang lain.

The Signal for Help pertama kali diperkenalkan di Kanada oleh Canadian Women's Foundation pada 14 April 2020 dan pada 28 April 2020 di Amerika Serikat (AS) oleh Women's Funding Network (WFN).

Isyarat ini mendapat pujian luas dari organisasi berita lokal, nasional, dan internasional karena membantu memberikan solusi modern untuk masalah meningkatnya KDRT.



Simak Video "Faktor-faktor Pemicu Terjadinya KDRT"
[Gambas:Video 20detik]
(hnu/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT