Kamis, 05 Feb 2015 11:05 WIB

Berjuta Manfaat Sehat di Balik Nikmatnya Makan Sushi

- detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock) Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Sushi, salah satu makanan terkenal asal Jepang ini ternyata memiliki segudang manfaat. Selain rasanya yang lezat dan bentuknya yang unik, ternyata bahan-bahan yang terkandung di dalam sushi juga menyehatkan, lho.

Seperti dikutip dari Besthealth dan ditulis pada Kamis (5/2/2015) dikatakan bahwa angka harapan hidup orang-orang di Jepang tergolong tinggi karena makan sushi. Di dalam sushi ada sejumlah bahan menyehatkan yang terkandung di dalam sushi.

Salah satunya adalah ikan. Ditemukan bahwa ikan yang biasanya ada di dalam sushi mengandung kalori yang rendah.

Ikan memiliki omega 3 yang tinggi dan efektif untuk mencegah penyakit jantung, struk, dan arthritis. Selain itu, sushi juga terbuat dari bahan nasi.

Baca juga: Hii! Tubuh Pria Ini Dipenuhi Cacing Pita, Diduga karena Sering Makan Sushi

Manfaat dari nasi sangat luar biasa. Karena nasi merupakan sumber protein dan karbohidrat dan setengah penduduk atau populasi di dunia hidup dengan makan nasi.

Sushi juga biasanya dibungkus oleh balutan nori atau rumput laut. Seperti dilansir dari besthealth dijelaskan bahwa ternyata nori kaya akan mineral-protein yang mengandung vitamin A, B1, B2, B6, niacin, dan C.

Kandungan yang terdapat dalam nori juga ditemukan dapat membantu mencegah kolestrol. Semakin gelap warna nori atau rumput laut ini, maka kualitasnya pun akan semakin baik.

Wasabi yang pedas dan berwarna hijau juga terbukti baik karena mengandung antibakteri dan antiseptik. Tak hanya itu ternyata wasabi yang pedas ini juga kaya akan vitamin VC. Selain itu di dalam sushi juga biasanya mengandung bahan jahe yang juga efektif untuk antiseptik yang alami. Selain itu jahe juga baik untuk sistem imun, sehingga dapat membantu agar tubuh kuat terhadap flu dan kedinginan.

Baca juga: Tidur dan Makan Sushi, Rahasia Umur Panjang Manusia Tertua di Dunia

(vit/vit)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya