ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Agu 2016 07:25 WIB

Mau Turun Berat Badan? Jangan Lupa Tetap Sarapan dan Pilih Menu Tepat

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat sedang dalam program penurunan berat badan, orang biasanya akan 'menghilangkan' waktu makan, salah satunya adalah waktunya sarapan. Padahal sarapan dengan menu yang tepat juga dapat membantu program penurunan berat badan lho.

Menurut pakar gizi Jansen Ongko, MSc, RD, sarapan merupakan bagian dari pengaturan pola makan yang baik. Namun jika asal-asalan memilih menu, nafsu makan tentu menjadi tak terkontrol dan menurunkan konsentrasi.

Oleh sebab itu, agar program penurunan berat badan tak terganggu tanpa menghilangkan waktu sarapan, Anda perlu cermat memilih menu yang tepat untuk dikonsumsi di pagi hari.

Baca juga: Diajak Makan di Luar Rumah Saat Sedang Program Turun Bobot? Begini Triknya

"Makanan yang tepat untuk sarapan adalah yang tinggi sumber protein, minim proses, dipadukan dengan karbohidrat tinggi serat, serta mengandung lemak sehat. Contoh kombinasinya yaitu telur 1-2 butir, pisang atau apel 1 buah, dan susu full cream segelas," ungkap Jansen dalam bukunya, 'Fit Teen's Diary'.

Jansen menyebutkan bahwa kombinasi menu seperti ini praktis dan bisa membuat kenyang lebih lama. Konsentrasi tetap terjaga, sementara nafsu makan pun tetap stabil dan tak naik turun sampai waktu makan siang.

Untuk sarapan, sebaiknya hindari makanan tinggi kadar gula dan lemak, atau makanan yang diproses secara berlebih seperti makanan instan, mi instan, kue manis, sereal tinggi gula, gorengan atau jajanan pasar.

"Selain kenyangnya tidak tahan lama, makanan seperti itu mengandung kalori tinggi dan menyebabkan ketagihan, sehingga biasanya orang akan cenderung mengonsumsi berlebihan tanpa disadari," tulis nutrisionis lulusan California State University, Los Angeles tersebut.

Baca juga: Sudah Ubah Gaya Hidup Tapi Bobot Tak Turun-turun, Bisa Jadi Ini Sebabnya


(ajg/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT