ADVERTISEMENT

Selasa, 06 Des 2016 07:07 WIB

Sedang Ingin Turun Berat Badan? Yuk Sarapan dengan Menu Telur!

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Studi ungkap menu sarapan yang tinggi protein seperti telur, dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, sarapan dengan telur pun sangat dianjurkan.

Menurut studi yang telah dipublikasikan dalam American Society for Nutrition's Experimental Biology beberapa waktu lalu, sarapan dengan menu tinggi protein, termasuk telur, dapat membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama. Efek positifnya, nafsu makan di siang hari pun akan menjadi lebih terkontrol.

Dalam studi ini, tim mencoba membandingkan efek dari sarapan dengan menu tinggi protein dan menu tinggi karbohidrat. Beberapa menu yang disiapkan yakni sosis, telur, sereal dan susu, serta pancake dengan sirup.

Baca juga: Tak Mau Gampang Lapar? Coba Asupan Ini yang Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

Hasilnya, responden yang mengonsumsi menu telur memiliki rasa lapar yang lebih sedikit sepanjang pagi hingga siang hari. Hal ini jika dibandingkan dengan responden yang sarapan dengan menu lainnya, terutama yang rendah protein.

"Memilih sarapan dengan menu tinggi protein membantu mengontrol nafsu makan dan gula darah sepanjang hari. Kebiasaan ini juga membuat mereka makan lebih sedikit kalori di siang harinya," tutur peneliti Melinda Karalus, MD.

Sementara itu, ada baiknya juga Anda menambahkan sedikit sayuran pada menu sarapan telur. Menurut peneliti Jung Eun Kim dari Purdue University, Amerika Serikat, telur utuh dan salad jika dikonsumsi bersama dapat membantu meningkatkan jumlah vitamin E sayuran yang diserap oleh tubuh.

"Kami menemukan penyerapan vitamin E yang terjadi meningkat empat sampai tujuh kali lipat lebih tinggi ketika menu telur ditambahkan dalam salad. Studi ini penting karena kami mengukur penyerapan vitamin E dari makanan biasa, bukan suplemen," ungkap Kim, seperti dikutip dari Times of India dan telah dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition.

Baca juga: Ngantuk Pasca Makan Siang? Bisa Jadi karena Kebanyakan Garam dan Protein


(ajg/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT