Selasa, 07 Feb 2017 17:35 WIB

Lapar Setelah Olahraga? Begini Aturan Makannya Agar Tak Kalap

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Setelah berolahraga, biasanya Anda akan menjadi sangat lapar dan ingin 'balas dendam' makan. Pada waktu ini, Anda perlu mengatur porsi dan pilihan makanan supaya kalori yang masuk tetap terjaga.

Seperti disampaikan oleh nutrisionis Cynthia Sass, ketika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari hidup sehat, maka Anda perlu mengatur pola makan dengan tepat. Termasuk ketika Anda sudah rajin melakukan olahraga.

Salah satu aturan yang perlu Anda terapkan adalah waktu makan. Jika Anda sudah baru saja melakukan olahraga intensitas sedang sampai tinggi, maka cobalah untuk makan sesegera mungkin. Olahraga intensitas tinggi pada dasarnya memberi tekanan pada otot, sendi, dan tulang, dan tubuh Anda akan 'menggunakan' nutrisi yang ada selama latihan.

Baca juga: Duduk Seharian di Kantor? Coba 4 Kebiasaan Ini untuk Bantu Turun Bobot

Oleh sebab itu, Anda perlu mengganti kehilangan nutrisi tersebut sebaik mungkin dalam rangka proses perbaikan dan penyembuhan, terutama untuk daya tahan dan jaringan otot. Tidak memulihkan dengan tepat nutrisi tubuh dapat membuat tubuh Anda melemah dan bahkan bisa memicu cedera.

Jika olahraga yang Anda lakukan masih tergolong intensitas rendah, maka Anda bisa memberikan jeda antara 30 hingga 60 menit pasca berolahraga untuk makan.

Selain memilih waktu makan, memilih jenis asupan yang tepat juga tak kalah pentingnya. Kebanyakan orang berpikir untuk mengembalikan fungsi otot Anda hanya memerlukan asupan protein, padahal Anda juga membutuhkan asupan lemak sehat. Ya, lemak ini diperlukan untuk proses penyembuhan otot dan sendi. Sumber yang dianjurkan di antaranya quinoa, ubi jalar, atau kacang.

Makanan jenis ini diyakini dapat 'mengisi' kembali nutrisi yang telah habis, dan menyediakan energi baru untuk bahan bakar metabolisme tubuh pasca latihan. Asupan tersebut juga bisa dikombinasikan dengan minyak kelapa, gandum, telur, sayuran, atau alpukat.

Baca juga: Berbagai Cara Mengukur Intensitas Olahraga


(ajg/up)