Rabu, 27 Des 2017 17:05 WIB

5 Manfaat Ekstrak Biji Kopi Hijau Bagi Kesehatan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selain menurunkan berat badan, ekstrak biji kopi hijau punya manfaat lain untuk kesehatan/Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Biji kopi hijau adalah biji yang tidak dipanggang atau disangrai, yang berasal dari tanaman kopi arabika. Oleh karena itu, biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi biasa atau biji kopi yang dipanggang.

Diduga, asam klorogenat ini dapat menurunkan berat badan. Seperti dilansir dari Times of India, selain ditengarai dapat menurunkan berat badan, biji kopi hijau ini punya berbagai manfaat untuk kesehatan. Apa saja?

Baca juga: Begini Kata Ahli Gizi Soal Turunkan Berat Badan dengan Kopi Hijau

1. Meningkatkan metabolisme

Asam klorogenik dalam biji kopi hijau juga dikenal sebagai pendorong metabolisme. Hal ini akan meningkatkan Basal Metabolic Rate (BMR) dari tubuh kita, yang meminimalkan pelepasan glukosa berlebihan dari hati ke dalam darah. Karena kurangnya glukosa, tubuh kita mulai membakar sel-sel lemak yang disimpan untuk memenuhi kebutuhan glukosa. Dengan demikian, biji kopi hijau murni bisa meningkatkan kemampuan pembakaran lemak oleh tubuh, dan akhirnya membantu kita untuk menurunkan kelebihan berat badan.

2. Membantu membakar lemak ekstra

Manfaat lain dari minum kopi hijau adalah membantu membakar lemak tubuh ekstra. Biji kopi hijau mengandung banyak vitamin dan juga mineral. Oleh karena itu, kopi hijau juga membantu menjaga kadar nutrisi dalam tubuh. Hal ini juga ditunjang dengan metabolisme pembakaran tubuh, sehingga dapat membakar lemak dan kalori yang tidak diinginkan dengan cepat.

3. Membantu menekan nafsu makan

Hambatan terbesar dalam perjalanan penurunan berat badan adalah membunuh rasa lapar. Nah, kopi hijau dikenal sebagai penekan nafsu makan yang efektif. Minum kopi hijau membantu mengendalikan makan berlebihan dan menyingkirkan berat tambahan.

4. Detoksifikasi alami

Ekstrak biji kopi hijau juga dianggap sebagai detoksifikasi alami. Mereka secara alami membersihkan racun dari dalam tubuh dan membuatnya bebas dari lemak ekstra dan kolesterol jahat. Detoksifikasi ini akan memberikan efek peningkatan fungsi, yang akhirnya menunjang metabolisme dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

5. Meningkatkan energi

Karena kopi hijau mengandung kafein, biji kopi hijau dapat meningkatkan energi di dalam tubuh supaya tetap lebih aktif dan energik sepanjang hari.

Baca juga: Ini Dia yang Bikin Kopi Jadi Tidak Terlalu Sehat (hrn/up)