Rabu, 11 Apr 2018 15:20 WIB

Diabetes Butuh Asupan Serat? Ini Cara Makan Buah yang Benar

Widiya Wiyanti - detikHealth
Makan buah baiknya secara langsung dan jangan dijus bagi pasien diabetes. Foto: iStock Makan buah baiknya secara langsung dan jangan dijus bagi pasien diabetes. Foto: iStock
Jakarta - Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti banyak orang karena jika parah bisa menyebabkan kematian. Seperti Andika 'Kerispatih' yang meninggal kemarin pada Selasa (10/4/2018) pagi akibat diabetes yang menjalar ke stroke.

Pelatih kebugaran sekaligus ahli gizi, Jansen Ongko Msc, RD mengatakan bahwa pola makan dan gaya hidup juga bisa memengaruhi penyakit ini. Bahkan, cara makan pun bisa memperparah.

Ditemui detikHealth, Jansen menjelaskan bahwa pasien diabetes membutuhkan serat yang tinggi. Maka dari itu disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi buah-buahan yang tinggi serat, namun tidak disarankan untuk dijus.

"Bukan nggak boleh, tapi jumlahnya nggak boleh terlalu banyak," ujarnya di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (11/4/2018).



"Kalau mau makan buah yang tinggi serat, kalau sudah diabetes harus makan (buah) langsung. Dia harus ngunyah, karena ada enzim amilase di air liur kita itu membantu pencernaan," lanjut Jansen.

Enzim amilase dapat mengekstrak gula sehingga dapat disimpan dalam tubuh sebagai energi. Ini juga dapat membantu tubuh sehingga kadar gula darah tidak meningkat.

Pada akhirnya, Jansen memperingatkan pada pasien diabetes untuk membatasi meminum minuman yang mengandung gula tinggi, seperti soft drink dan teh manis.



(wdw/up)