Kamis, 26 Apr 2018 09:13 WIB

Bisa Dicoba Nih, Cara Mudah Tes Kegemukan dengan Seutas Benang

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Cuma butuh seutas benang untuk tahu bahaya tingkat kegemukan seseorang (Screenshot: bbc) Cuma butuh seutas benang untuk tahu 'bahaya' tingkat kegemukan seseorang (Screenshot: bbc)
Jakarta - Kamu merasa gemuk dan ingin tahu sudah sedekat apakah dengan risiko berbagai penyakit metabolisme? Ternyata cara memastikannya tidak cukup pakai timbangan, melainkan hanya butuh seutas benang.

Caranya, ukur benang dari kaki hingga ujung kepala lalu potong benang setinggi badan. Selanjutnya, lipat potongan benang tersebut menjadi dua. Terakhir, lingkarkan lipatan benang tersebut ke pinggang.

"Benang yang terlipat harus bisa melingkar di pinggang untuk bisa disebut sehat," demikian pesan yang disampaikan dalam sebuah tayangan BBC One 'The Truth About' baru-baru ini.

Dengan kata lain, untuk sehat maka lingkar pinggang tidak boleh melebihi setengah tinggi badan. Dr Margaret Atwell dalam tayangan tersebut mengatakan, lingkar pinggang yang terlalu besar menandakan kadar visceral fat yang tinggi.



Foto: bbc


Visceral fat atau lemak perut banyak dikaitkan dengan berbagai risiko sindrom metabolik. Jenis lemak ini juga yang dikaitkan dengan obesitas sentral, yakni obesitas yang terpusat di bagian perut dan lebih berbahanya dibanding obesitas pada umumnya.

Fakta lain yang terungkap dalam tayangan tersebut adalah 25 persen orang dengan indeks massa tubuh normal, gagal dalam tes benang ini. Artinya, berat badan ideal tidak menjamin kadar visceral fat aman. Berita baiknya, kadar visceral fat bisa diturunkan dengan mudah.

"Makan lebih sedikit, olahraga lebih banyak," pesan dr Margaret.

Foto: bbc


(up/up)