Jumat, 13 Jul 2018 16:15 WIB

Sering Disamakan, Apa Bedanya Susu Kental Manis dengan Evaporated Milk?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Beda susu kental manis dengan susu evaporasi. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Merebaknya isu susu kental manis membuat masyarakat jadi penasaran untuk mencari tahu lebih banyak soal kandungannya. Belakangan, susu kental manis kerap disamakan dengan susu evaporasi. Apa sih bedanya?

Kepada detikHealth, dr Titi Sekarindah, SpGK, dari Rumah Sakit Pusat Pertamina Kebayoran Baru beberapa waktu lalu menjelaskan mengenai susu kental manis dan juga kandungan yang ada di dalamnya.

"Jadi susu kental manis itu adalah susu yang dihilangkan airnya kemudian ditambahin gula untuk pengawetnya itu sama lemak ya, jadinya kental sehingga dia gurih. Enak sih tapi ya kalau kebanyakan juga enggak baik," kata dokter yang akrab disapa dr Titi ini. Dikutip dari Pop Sugar, tambahan gula sebanyak 40 hingga 45 persen.


Sementara susu evaporasi adalah susu tanpa tambahan gula dengan kandungan air yang dihilangkan mencapai 60 persen sampai ia memiliki tekstur yang mirip dengan krim. Panas tinggi yang digunakan dalam pengolahan juga menambah sedikit rasa karamelisasi dan warna yang lebih gelap daripada susu biasanya.

Jadi sudah tahu kan bedanya susu kental manis dengan susu evaporasi?

(ask/up)