Jumat, 20 Jul 2018 13:31 WIB

Berapa Tinggi Ideal Wanita 'Sholehah' dengan Berat Badan 55 Kg?

Annissa Widya Davita - detikHealth
Apakah 55 kg adalah berat badan ideal? Jawabannya, tergantung rasio dengan tinggi badan (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Overweight atau kelebihan berat badan hingga saat ini masih menjadi momok bagi sebagian orang. Jadi semakin menakutkan ketika ustaz Hanan Attaki dalam sebuah ceramahnya yang viral, menyebut salah satu kriteria wanita 'sholehah' adalah memiliki berat badan di bawah 55 kg. Waduh!

Dari sisi kesehatan, memiliki berat badan ideal memang menguntungkan. Risiko berbagai jenis penyakit relatif lebih rendah ketika angka di timbangan tidak terlalu rendah maupun terlalu tinggi. Tak heran, banyak yang rela bayar mahal untuk personal trainer dan mengikuti program diet tertentu demi mendapatkan body goals alias berat badan ideal.

Tapi tunggu dulu, apakah berat badan ideal selalu harus 55 kg atau di bawahnya? Belum tentu. Berat badan ideal ditentukan dengan berbagai macam perhitungan, antara lain dengan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI).

IMT didapatkan dari rasio berat badan (kg) dengan kuadrat tinggi badan (dalam satuan meter). Dikatakan ideal jika IMT berada di rentang 18-25 kg/m2. Artinya, berat badan 55 kg adalah berat ideal bagi pemilik tinggi badan 149-172 cm.


Tonton juga 'Viral di Medsos! Ceramah soal Berat Wanita Saleh Tak Lebih 55 Kg':

[Gambas:Video 20detik]

Perhitungan lain yang juga sering digunakan adalah Rumus Broca yang diperkenalkan oleh Pierre Paul Broca. Untuk wanita, begini cara menghitungnya:

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) - 100] - [(tinggi badan (cm) - 100) x 15%]

Dengan Rumus Broca, didapat bahwa berat badan 55 kg merupakan berat ideal bagi pemilik tinggi badan di rentang 160-162 cm.

Nah, sudah idealkah berat badan kamu saat ini?


Berapa Tinggi Ideal Wanita 'Sholehah' dengan Berat Badan 55 Kg?
(up/up)