Rabu, 01 Agu 2018 15:01 WIB

Main Games Bisa Jadi Cara Remaja Obesitas Turunkan Berat Badan

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Dengan bermain games, remaja bisa menurunkan berat badan sambil bersenang-senang. Foto: ilustrasi/thinkstock Dengan bermain games, remaja bisa menurunkan berat badan sambil bersenang-senang. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Terapi obesitas dengan bermain games disebut bermanfaat bagi remaja. Dengan bermain games, remaja bisa menurunkan berat badan sambil bersenang-senang.

Amanda Staiano dari Pennington Biomedical Research Center dari Louisiana State University menyebut beberapa games yang mengedepankan aktivitas fisik bisa jadi sarana remaja obesitas menurunkan berat badannya. Games yang dimaksud antara lain Your Shape: Fitness Evolved 2012, Just Dance 3, Disneyland Adventures dan Kinect Sports Season 2.



"Remaja sekarang sangat tertarik dengan games, dan bisa menghabiskan waktu berjam-jam dalam seminggu untuk bermain games," ujar Staiano, dikutip dari Reuters.

"Jadi daripada menyalahkan games dan teklonogi, lebih masuk akan dengan menggunakannya agar bermanfaat," tambah Staiano lagi.

Penelitian dilakukan kepada 46 anak-anak dan remaja yang mengalami obesitas. Mereka diberikan games 4 games yang mempromosikan aktivitas fisik, dan diminta rutin bermain selama 6 bulan.

Hasilnya, anak-anak dan remaja yang mengalami obesitas mampu menurunkan indeks massa tubuhnya sebesar 3 persen dalam 6 bulan. Tak hanya itu, kadar kolesterol partisipan juga terlihat menurun.

Peneliti juga menekankan pentingnya keterlibatan orang tua saat anak bermain games. Dari penelitian ini, anak-anak yang bermain games bersama orang tua mengalami penurunan bobot yang lebih tinggi.

"Mencoba menjauhkan anak-anak dari layar mungkin sulit di generasi ini. Tapi memanfaatkan waktu anak-anak melihat layar dengan kegiatan fisik dan aktivitas menarik bisa menjadi motivasi untuk mereka lebih sering olahraga," tutupnya.

(mrs/fds)