Senin, 06 Agu 2018 13:10 WIB

Biar Langsing, Ini Makanan Tinggi Serat yang Harus Dimakan Tiap Hari

Suherni Sulaeman - detikHealth
Daftar makanan tinggi serat yang harus dimakan setiap hari biar cepat langsing/Foto: Thinkstock
Jakarta - Menjaga keseimbangan pola makan merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan makan makanan tinggi serat. Studi dari The Journal of Nutrition menunjukkan bahwa peningkatan asupan serat dalam usus dapat membuat perut kenyang lebih lama sekaligus memperlambat penyerapan lemak di usus.

Seperti dikutip dari Shape, berikut ini beberapa makanan berserat tinggi yang harus masuk ke dalam daftar diet setiap hari. Apa saja itu?



1. Oatmeal

Satu cangkir oatmeal mengandung 4 gram serat makanan. Sarapan oatmeal yang sehat setiap pagi, ditambah dengan topping berserat lainnya seperti beri, kacang, dan chia seed dapat meningkatkan pasokan energi selama sebelum jam makan siang.

2. Apel

Apel adalah camilan sehat dengan kandungan seratnya yang tinggi. Apel berukuran sedang menyediakan 4,4 gram serat yang digunakan untuk mengatur gerakan usus bagi sistem pencernaan yang sehat.

3. Brokoli

Diketahui bahwa brokoli sangat baik untuk kesehatan. Brokoli dapat mencegah kanker dan juga mengandung banyak serat. Satu porsi brokoli dapat meningkatkan nilai gizi makanan, dan setiap satu cangkir brokoli mengandung sekitar 2,4 gram serat.

4. Tomat

Tomat juga termasuk dalam kategori makanan tinggi serat. Selain itu, sebuah penelitian di Harvard menemukan bahwa pria yang rajin makan tomat akan turun risikonya untuk terkena kanker prostat sebanyak 35 persen.





Tonton juga 'Tips Diet, Langsing dengan Air Madu':

[Gambas:Video 20detik]


Biar Langsing, Ini Makanan Tinggi Serat yang Harus Dimakan Tiap Hari
(hrn/up)