Kamis, 09 Agu 2018 13:37 WIB

Sudah Sedia Buah di Rumah? Makan Jeruk Tiap Hari Bantu Cegah Kebutaan Lho

Suherni Sulaeman - detikHealth
Mengonsumsi jeruk secara teratur bisa mengurangi risiko kebutaan/Foto: Australia Plus ABC Mengonsumsi jeruk secara teratur bisa mengurangi risiko kebutaan/Foto: Australia Plus ABC
Jakarta - Penglihatan kian memburuk seiring bertambahnya usia. Istilah ilmiah untuk itu disebut dengan degenerasi makula, kondisi medis yang membuat mata tidak bisa melihat dengan jelas. Biasanya, penyakit ini umum dialami pada orang-orang yang berusia di atas 60 tahun.

Seperti dikutip dari Shape, meskipun kondisi degenerasi makula ini ditengarai tidak dapat diperbaiki, namun sebuah studi terbaru dari The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi jeruk secara teratur bisa mengurangi risiko tersebut.

Untuk penelitian ini, para peneliti mewawancarai lebih dari 2.000 orang tentang asupan makanan mereka. Salah satunya, makanan kaya flavonoid, seperti jeruk. Kemudian, setelah memantau para partisipan hingga 15 tahun lamanya, terungkap bahwa orang yang makan setidaknya satu porsi jeruk setiap hari bisa mengurangi risiko degenerasi makula sebesar 60 persen.



Ya, buah menyegarkan ini rupanya tidak hanya terasa lezat, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Jeruk kaya flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat yang memberikan manfaat anti-inflamasi. Meskipun makanan lain seperti teh, apel dan anggur juga mengandung flavonoid, para peneliti tidak menemukan hubungan antara makanan ini, termasuk pada penurunan risiko degenerasi makula.

Alasan kesehatan lain mengapa harus mengonsumsi jeruk, selain bermanfaat melindungi penglihatan adalah karena dalam satu porsi jeruk berukuran sedang menyediakan sekitar 4 gram serat makanan. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga dapat menjaga kulit tetap sehat. Ditambah lagi, vitamin C pada jeruk membantu meningkatkan imunitas tubuh.





Tonton juga 'Jeruk Bantu Kita Cegah Pikun, Lho!':

[Gambas:Video 20detik]

(hrn/up)
News Feed