ADVERTISEMENT

Selasa, 21 Agu 2018 13:40 WIB

Ini Makanan Nol Kalori Terbaik Buat Anda yang Lagi Turunkan Berat Badan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Seledri merupakan makanan nol kalori terbaik buat yang lagi menurunkan berat badan/Foto: Thinkstock
Jakarta - Kalori tiba-tiba menjadi sangat penting ketika seseorang mencoba menurunkan berat badan. Anda pasti pernah melihat orang-orang di sekitar Anda menghitung setiap kalori yang mereka makan. Ya, meskipun diet dan olahraga berjalan beriringan, ketika seseorang hendak menurunkan berat badan, yang paling memainkan peranan penting adalah diet.

Dikutip dari Times of India, diet atau pola makan yang tak kalah menarik perhatian banyak orang adalah makanan dengan kalori 'negatif' atau nol kalori. Makanan kalori negatif merupakan makanan yang membakar lebih banyak kalori untuk dicerna daripada apa yang dikandungnya.

Itu berarti, Anda dapat memiliki sejumlah makanan ini tanpa benar-benar mengalami kenaikan berat badan. Ketika Anda mengonsumsi makanan kalori negatif, tubuh akan membakar lebih banyak kalori dalam mencerna makanan tersebut sehingga meniadakan penambahan kalori.

Makanan kalori negatif biasanya berasal dari tumbuhan dan memiliki kandungan serat dan air yang tinggi. Makanan ini meningkatkan metabolisme tubuh karena kaya serat, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk membakar dan dengan demikian membuat metabolisme meningkat.



Makanan dengan kandungan serat dan air yang tinggi biasanya rendah kalori dan untuk mencernanya membutuhkan lebih banyak energi dan kalori. Nah, seledri adalah salah satu makanan kalori negatif terbaik. 100 gram seledri memiliki 16 kalori dan tubuh menggunakan lebih dari 16 kalori untuk mencernanya.

Jadi, makanan berkalori negatif dapat membantu seseorang menurunkan berat badan karena mereka tidak hanya rendah kalori tetapi juga membantu membakar lebih banyak kalori. Sayuran dan buah-buahan seperti brokoli, selada, semangka, wortel, berry, mentimun, apel, dan tomat juga termasuk dalam kategori makanan kalori negatif.

Namun perlu diingat bahwa, mengikuti diet ekstrim atau hanya makan satu kelompok makanan tertentu dapat membuat Anda kehilangan nutrisi penting lainnya. Maka itu, satu-satunya kunci untuk menurunkan berat badan yang sukses adalah diet sehat dengan olahraga teratur.

(hrn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT