Kamis, 13 Sep 2018 13:30 WIB

Kandungan Nutrisi Seekor Lele yang Bisa Bantu Melangsingkan Tubuh

Rosmha Widiyani - detikHealth
Mangut lele (Foto: Hanifah Ludfiana/detikcom) Mangut lele (Foto: Hanifah Ludfiana/detikcom)
Jakarta - Ikan telah lama dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi dan rendah lemak. Termasuk ikan lele yang mudah ditemukan dan diolah setiap hari. Sebagai tambahan, Environmental Working Group telah menyatakan lele bebas merkuri sehingga aman dikonsumsi.

Dikutip dari Livestrong, ikan lele sebaiknya dikonsumsi 3,5 ounce atau setara 99 gram per minggu. Lele memang mengandung lemak dan kolesterol, namun tidak sampai mengakibatkan gemuk atau gangguan jantung. Sekitar 53 persen asupan 3 ounce lele adalah kalori yang sebagian besar dari protein.

Jumlah asupan yang sama juga mengandung 122 gram kalori, dengan 55 gram berasal dari lemak. Tiap ekor lele mengandung total lemak 6 gram, termasuk 1,3 gram lemak jenuh dan trans lemak. Dalam jumlah yang sama, lele memgandung sekitar 56 miligram kolesterol.



Lele tidak mengandung karbohidrat namun sarat protein. Konsumsi 3 ounce atau setara 85 gram lele mencukupi 15,7 gram kebutuhan protein. Jumlah tersebut setara 28 persen kebutuhan protein laki-laki, dan 34 persen pada perempuan setiap hari. Lele juga mengandung 2,3 mikrogram vitamin B12, yang memenuhi kebutuhan total laki-laki dan perempuan.

Lele juga kaya asam lemak omega 3 yang menjaga fungsi jantung dengan menurunkan kadar trigliserida. Manfaat lainnya adalah menurunkan risiko kanker dan radang sendi. Asupan 3 ounce lele mengandung 0,22 hingga 0,3 gram asam lemak omega 3. Tentunya manfaat bisa diperoleh maksimal bila tidak dimasak terlalu matang, banyak minyak, gula, dan garam.




Saksikan juga video '4 Makanan Sehat Ini Dapat Bantu Turunkan Berat Badan':

[Gambas:Video 20detik]

Kandungan Nutrisi Seekor Lele yang Bisa Bantu Melangsingkan Tubuh
(up/up)
News Feed