Sabtu, 03 Nov 2018 08:01 WIB

Kepo Diet Kemal Mochtar? Ini Nih Penjelasan dari Orangnya Langsung

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto: Dok. Kemal Mochtar Foto: Dok. Kemal Mochtar
Jakarta - Banyak yang penasaran dengan diet yang dilakukan oleh penyiar radio dan presenter, Kemal Mochtar. Bayangkan saja nih, setelah berbobot 120 kg, akhirnya Kemal bisa memangkas berat badannya menjadi 63 kg. Wah drastis banget kan, ya!

Disambangi tim detikHealth, Kemal mengaku pernah sempat mencoba catering-catering makanan sehat, namun ternyata tidak berhasil. Belum lagi rasanya kadang yang hambar, duh bikin enggak nafsu makan juga. Sampai akhirnya ia menemukan dokter gizi yang membantunya mengatur pola makannya.

"Gue nurunin enggak cuma berapa kilo tapi 50-60 kilo. So, bener-bener harus di-guide. Jadi diatur jam, jenis, jumlah. Jamnya juga harus on time, 08.30 ya 08.30," ungkap Kemal saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.


Kemal pun makan sebanyak enam kali dalam sehari yaitu saat sarapan, waktu di antara makan siang, makan siang, sebelum makan malam, ditambah waktu untuk kudapan, makan malam, dan diakhiri pada makan sebelum tidur pukul 21.00.

"Intinya kalori defisit sih yang dia lakukan, cuma kan gue enggak tahu ukur-ukurnya tuh, nah sama dokter ini diukurin. Per dua minggu badan kita kan beda lagi, diukurin lagi sama dia (dokter gizinya)," tuturnya.

Bikin pangling, Kemal rupanya pernah coba banyak macam cara untuk diet.Bikin pangling, Kemal rupanya pernah coba banyak macam cara untuk diet. Foto: Annissa Widya Davita/detikHealth


Tapi enggak sembarangan ya, Kemal menegaskan kalau diet antara satu orang dengan yang lainnya bisa jadi sangat berbeda. Jadi jangan deh minta rekomendasi menu diet darinya di kolom komentar Instagram, hehe.

Setiap dua minggu sekali, ia akan melakukan konsultasi ke dokter gizinya untuk kembali menyusun menu baru yang sesuai untuk tubuhnya. Menu ini didapatkan tergantung umur, gender, kegiatan, berat badan, dan juga tekanan darah. Masih mau ngeyel coba menu ala Kemal?

"Temen gue pernah nyobain, 'Mal, gue coba ya? Gue foto (menu makannya)?' jepret, foto, turun cuma sekilo abis itu diem badannya. So it doesn't work, enggak bisa lo sama rata semua diet," tambahnya.


Pantangannya ada enggak, Kemal? Ada, dia mengaku tidak mengonsumsi minyak, mentega, ataupun santan selama melakukan diet satu tahun. Tapi dengan kemampuan memasak sang istri yang luar biasa dan juga komitmennya untuk mengikuti aturan dokter, bisa-bisa saja kok ia mengonsumsi makanan enak.

"Jadi gue makan apa di rumah? Rawon, soto, enak. Jadi happy, tom yum, sate kambing, ayam bakar, cuma PR-nya lu harus bikin sendiri. Di luar sudah pasti pakai minyak," jelasnya.

Selain mengatur pola makannya, Kemal juga membiasakan diri untuk berjalan kaki setiap hari selama 30-60 menit. Hasilnya? Kalian bisa lihat sendiri, Kemal kini punya berat badan yang ideal. Selain itu dia juga jadi jarang sakit.


Wah, kalau Kemal saja bisa tentunya kamu juga pasti bisa dong! Ayo semangat untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat!



Tonton juga video 'Olahraga Ini Cocok Buat Kamu yang Overweight!':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)
News Feed