Selasa, 22 Jan 2019 15:30 WIB

Petinju Manny Pacquiao Tak Lagi Muda, Diet Ini Rahasianya Tetap Prima

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Manny Pacquiao. Foto: Christian Petersen/Getty Images Manny Pacquiao. Foto: Christian Petersen/Getty Images
Jakarta - Petinju kelas dunia asal Filipina, Manny Pacquiao, berhasil mempertahankan sabuk juara dunia usai memenangi duel dengan Adrien Broner pada Minggu (20/1) lalu. Pria yang dijuluki Pacman tersebut tetap tampil dominan di pertarungannya yang ke-70 ini, walau usianya sudah menginjak 40 tahun.

Di usia yang tak lagi muda namun masih tetap bisa tampil prima, pelatih Manny punya rahasianya tersendiri. Alexa Ariza, pelatih Manny, mengatakan nutrisinya dimulai dari semangkuk oatmeal yang ia makan tiap sesi latihan. Sesi latihan Pacman bisa berisi lari, sparring, angkat beban untuk membakar hampir 7 ribu kalori tiap harinya.



"Makanan favoritku untuk para petarungku dan juga diriku sendiri adalah makanan post-workout: raw oatmeal, susu tanpa lemak, buah beri segar dan madu. Dimasak perlahan di dalam susu, oatnya akan menyerap madu dan telah terbukti jadi makanan terbaik untuk pemulihan cepat saat kamp latihan," tuturnya, dikutip dari Live Strong.

Oat merupakan sumber karbohidrat yang baik, madu memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi, susu dapat membantu memperbaiki kerusakan otot serta buah beri mengandung antioksidan untuk meningkatkan sistem imun. Alexa menyebutnya makanan yang tepat usai berlatih membantunya tetap bugar seharian, karena kadang latihan mereka bisa sangat intens, dan juga menjaga asupan kalorinya.

Namun oatmeal hanyalah makanan pembuka, di siang hari Manny akan memakan makanan keduanya yaitu beef tapa. Beef tapa adalah makanan khas Filipino yang terdiri dari irisan tipis daging sapi sirloin yang direndam dalam gula, kecap, bawang putih dan merica hitam lalu direbus dan digoreng, kemudian disajikan dengan nasi putih dan tinolang manok, sup kaldu ayam dengan jage dan sayuran hijau, ditutup dengan sepiring buah melon dan mangga.

(frp/up)