Kamis, 31 Jan 2019 09:04 WIB

Pengen Banget Ngemil Gorengan? Saran Dokter, Maksimal Dua Kali Sehari

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ngemil gorengan. Foto: Istimewa Ngemil gorengan. Foto: Istimewa
Jakarta - Siapa di sini yang doyan ngemil? Biasanya nih, khususnya buat para pekerja kantoran, sudah menyiapkan toples-toples kecil di meja berisi aneka camilan yang bisa di makan sewaktu-waktu. Tapi harus ingat, nyemil maksimal hanya dua kali dalam sehari.

"Jadi gini, pola makan seseorang itu harus memenuhi jadwal yang teratur. Kalau ngomongin jam makan utama itu pagi, siang, malam. Di antaranya boleh ada selingan. Berarti selingan itu paling tidak dua kali itu sudah sangat cukup," ujar dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK, saat dijumpai di Central Park Mall, Rabu (30/1/2019).

dr Juwalita menambahkan, kalau mau ngemil, jumlah kalorinya tidak boleh lebih dari 10 persen kebutuhan setiap hari. Kebutuhan kalori untuk usia produktif sekitar 1800-2100. Jadi untuk ngemil kira-kira sekitar 180 kalori. Gorengan tentu tidak ideal karena minyaknya lebih banyak dibanding nutrisi lainnya.


"Tapi jangan juga sampai di hitungan kalori saja. Jenisnya mau apa. Sebaiknya camilan memang tetap perlu ada proteinnya dan serat. Kalau kita makan sesuatu yang berserat maka karbohidrat akan melepas gulanya pelan-pelan di dalam darah," tambahnya

Kalau gula darah dilepas pelan-pelan biasanya keluhan swing mood, ngantuk habis makan, itu lebih minimal. Karena kalau kebanyakan makan karbo, habis makan akan cepat mengantuk," pungkasnya.

Jadi, sudah berapa kali ngemil hari ini?




Saksikan juga video 'Goreng Makanan Jadi Lebih Sehat dengan Minyak Zaitun':

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)
News Feed