Rabu, 13 Mar 2019 16:37 WIB

Bukan Isi Bom Lontong, Potasium dalam 10 Makanan Ini Justru Bikin Sehat

Rosmha Widiyani - detikHealth
Potasium bukan cuma untuk bahan peledak seperti dalam bom lontong (Foto: iStock) Potasium bukan cuma untuk bahan peledak seperti dalam bom lontong (Foto: iStock)
Jakarta - Potasium mendadak tenar setelah digunakan dalam bom bunuh diri di Sibolga, Sumatera Utara. Dunia kesehatan mengenal potasium dalam bentuk yang berbeda, bukan sebagai potasium nitrat (KNO3) seperti yang dipakai untuk pupuk maupun bahan peledak.

Potasium, dikenal juga sebagai Kalium, merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi 3.500-4.500 miligram potasium per hari mencegah berbagai penyakit termasuk penyakit jantung, pembuluh darah, dan stroke.

Potasium melindungi pembuluh darah dari penebalan dan kerusakan akibat radikal bebas. Sebaliknya, kekurangan potasium meningkatkan risiko hipertensi dan ketidakteraturan irama jantung.



Dikutip dari Health Line, berikut 10 makanan yang kaya kandungan potasium:

1. Pisang

Satu pisang dengan berat 125 gram biasanya mengandung sekitar 450 mg potasium. Untuk mencukupi kebutuhan harian, konsumsi pisang bisa dibarengi asupan lain yang kaya potasium.

2. Ubi

Ubi adalah asupan lain dengan kandungan potasium tak kalah dari pisang. Satu ubi mengandung sekitar 694 mg potasium dengan hanya 131 kalori. Ubi juga kaya serat, beta karoten, dan karbohidrat.

3. Kacang panjang

Konsumsi sekitar 125 gram atau setengah mangkuk kacang panjang mencukupi sekitar 600 mg kebutuhan potasium potasium harian. Selain kacang panjang, jenis sayuran sejenis lainnya bisa memberi manfaat serupa misal kapri.

4. Kacang kedelai

Selain sumber protein terbaik, kacang kedelai juga mengandung potasium yang cukup tinggi. Konsumsi 125 gram kacang kedelai mengandung sekitar 500 miligram potasium yang baik untuk tubuh. Konsumsi kedelai juga memperkuat tubuh melawan terjadinya inflamasi atau peradangan.

5. Labu air

Konsumsi setengah mangkuk labu air mencukupi sekitar 448 miligram kebutuhan potasium tubuh. Labu air juga rendah kalori dan tinggi vitamin A yang berguna bagi kesehatan tubuh.



6. Ikan

Dalam 85 gram ikan tuna mengandung sekitar 500 miligram potasium. Ikan juga mengandung lemak baik yang bisa menurunkan risiko gangguan jantung dan pembuh darah. Ikan sebaiknya diolah dengan minim gula, garam, dan minyak untuk menjaga manfaatnya.

7. Susu

Secangkir susu mengandung kurang lebih 300 miligram potasium. Sedangkan pada susu tanpa lemak, kandungan potasium mencapai sekitar 400 miligram. Secara umum makin rendah kandungan lemak, semakin tinggi potasium dalam susu.

8. Yogurt

Yogurt yanng merupakan produk turunan susu juga kaya potasium. Konsumsi sekitar 227 gram yogurt mencukupi sekitar 579 miligram kebutuhan potasium per hari.

9. Kerang

Konsumsi 85 gram kerang mengandung sekitar 534 miligram potasium. Selain potasium, kerang juga mengandung kecukupan vitamin B12 untuk kesehatan tubuh. Sebelum konsumsi, pastikan kerang bebas cemaran limbah sehingga aman untuk tubuh.

10. Kentang

Kandungan potasium dalam kentang bergantung pada jenis sayurannya. Secara umum, konsumsi 1 kentang seberat 136 gram mengandung 515 miligram potasium. Kentang yang mudah ditemukan di berbagai wilayah dunia, merupakan salah satu pemasok utama potasium untuk kecukupan nutrisi harian.

(up/up)
News Feed