Minggu, 31 Mar 2019 19:09 WIB

7 Manfaat Minum Madu Sebelum Tidur

Ayunda Septiani - detikHealth
Manisnya madu diyakini menyimpan banyak manfaat (Foto: Istock) Manisnya madu diyakini menyimpan banyak manfaat (Foto: Istock)
Jakarta - Sejak dahulu kala madu telah digunakan sebagai makanan dan obat. Madu bisa digunakan sebagai pengganti rasa manis gula yang tentunya lebih sehat. Apalagi, banyak yang menyarankan meminum madu organik sebelum tidur.

Ini bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Madu dapat menyerap lemak dengan baik, terutama jika dikonsumsi bersamaan dengan air hangat.

Madu memiliki banyak kandungan bergizi seperti mineral dan vitamin, yang didapat dari nektar bunga yang berhasil dihisap oleh lebah madu. Selain itu madu memiliki manfaat menakjubkan seperti melawan infeksi saluran pernapasan, zat anti diabetes, dan mengurangi kadar glukosa dalam darah.

Dikutip dari Health Line, ini 7 manfaat madu bagi kesehatan.



1. Membuat tidur nyenyak
Mengonsumsi madu sebelum tidur dipercaya mampu membuat tidur lebih nyenyak lho. Ini karena kadar insulin meningkat dalam jumlah kecil saat kamu minum madu sebelum tidur.

Insulin dapat merangsang pelepasan tryptophan di otak. Tryptophan kemudian diubah menjadi serotonin, hormon relaksasi serta suasana hati yang baik dan bisa membuat tidur pulas.

2. Mencegah penyakit kanker dan jantung
Madu mengandung asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid. Para ilmuwan percaya bahwa kombinasi dari senyawa-senyawa ini memberi madu kekuatan dalam antioksidannya.

Menariknya antioksidan dari madu yang tinggi telah dipercaya untuk mencegah risiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Madu juga dapat meningkatkan kesehatan mata.

3. Mengurangi risiko diabetes
Mengonsumsi satu sendok teh madu sebelum tidur dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi madu setiap malam sebelum tidur sekitar 1 sendok teh madu. Ini membantu untuk mengobati diabetes karena kadar glukosa darah bisa berkurang.

Walaupun madu mungkin sedikit lebih baik daripada gula bagi penderita diabetes, madu tetap harus dikonsumsi dengan hati-hati. Faktanya, penderita diabetes dapat melakukan tindakan terbaik dengan meminimalkan semua makanan yang karbohidratnya tinggi.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Beberapa jenis madu bisa merangsang produksi sel-sel kekebalan dalam tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalam madu dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan baik.

Nutrisi dalam madu bisa menyebuhkan berbagai macam penyakit lho. Sebaiknya madu dikonsumsi sebanyak 1 sedok makan setiap hari sebelum tidur.



5. Mengobati batuk dan sakit tenggorokan
Infeksi saluran pernapasan seperti batuk dan sakit tenggorokan dapat memengaruhi tidur dan mengganggu aktivitas. Obat utama untuk batuk tidak selalu efektif dan dapat memiliki efek samping. Menariknya, madu mungkin pilihan yang lebih baik untuk mengobati batuk.

Salah satu studi menemukan bahwa madu bekerja lebih baik daripada dua obat batuk biasa. Studi lainnya mengatakan bahwa itu mengurangi gejala batuk dan efek mengantuk lebih tinggi daripada obat batuk.

6. Membersihkan racun dalam tubuh
Karena madu merupakan antioksidan terbaik, mengonsumsi madu secara rutin dapat membersihkan tubuhmu dari berbagai racun. Mengonsumsi air hangat yang dicelupkan lemon dengan satu sendok teh madu akan membantu mendetoksifikasikan tubuh.

7. Menahan agar tidak lapar
Mengonsumsi madu kurang lebih sebanyak satu sendok makan ternyata setara dengan asupan 17 gram karbohidrat. Ini sebabnya madu bisa jadi salah satu pilihan tepat untuk meningkatkan kebutuhan energi. Karena madu mengandung sejumlah gula alami seperti fruktosa, maltosa, glukosa, dan sukrosa.

Saat masuk ke dalam tubuh, kandungan tersebut akan diolah menjadi kalori untuk meningkatkan energi tubuh selama beraktivitas. Madu mentah yang mengandung 64 kalori per cangkir ini akan memberi rasa kenyang pada malam hari.

(up/up)