Jumat, 05 Jul 2019 11:00 WIB

Agar Tetap Sehat di Usia Tua, Haruskah Lansia Jalani Diet Vegan?

Kintan Nabila - detikHealth
Ilustrasi lansia. Foto: thinkstock Ilustrasi lansia. Foto: thinkstock
Jakarta - Bertambahnya usia sangat penting untuk memberi perhatian lebih terhadap asupan makanan sehari-hari. Buah dan sayur tentunya baik untuk tubuh. Namun, menjadi vegetarian yang mengesampingkan asupan selain buah dan sayur, sepertinya bukan gaya hidup yang dianjurkan untuk lansia.

Ketua perhimpunan Geriatri Medik Indonesia (PERGAMI), Prof dr Seti Setiati, SpPD-KGER, mengatakan bahwa, daging, telur dan susu merupakan sumber protein yang sangat penting untuk daya tahan tubuh dan otot.


"Tidak baik kalau hanya vegan saja, protein itu penting untuk daya tahan tubuh, karena tubuh memerlukan protein untuk otot," katanya pada detikHealth, Kamis (4/7/2019).

Ia juga menambahkan bahwa saat ini sedang marak isu sarkopenia yaitu berkurangnya massa otot, menyebabkan orang menjadi lemah, mudah jatuh dan tulangnya keropos.

"Jadi tidak benar kalau orang hanya mengkonsumsi buah dan sayuran saja. Tapi komposisinya yang harus diatur supaya proteinnya itu mencukupi kebutuhan sekitar 1 sampai 1.2 gram per kilogram berat badan." pungkasnya.







Simak Video "Diet Vegan, Eva Celia Tanam Tanaman Hidroponik Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/frp)
News Feed