Minggu, 18 Agu 2019 12:43 WIB

Kesalahan di Akhir Pekan yang Menggagalkan Impian Punya Perut Sixpacks

Kintan Nabila - detikHealth
Sudah kerja keras menata diet sepanjang pekan, nggak mau kan rusak karena libur sehari saja? (Foto: iStock) Sudah kerja keras menata diet sepanjang pekan, nggak mau kan rusak karena libur sehari saja? (Foto: iStock)
Jakarta - Program dietmu terencana dengan baik dalam seminggu ini. Tapi awas, sedikit kesalahan di akhir pekan bisa membuat berat badanmu kembali naik, lho!

Dikutip dari Dailymail, berikut beberapa kebiasaan di akhir pekan yang bisa mengagalkan diet.

1. Melewatkan sarapan

Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk beristirahat, lalu kamu akan berpikir tidak masalah jika bangun siang. Namun, ingatlah untuk tidak melewatkan sarapan.

dr Marilyn Glenville, penulis Fat Around The Middle, mengatakan bahwa melewatkan sarapan bisa membuatmu makan berlebihan di kemudian hari. Gula darah yang turun di pagi hari membuatmu lebih kompulsif di sekitar makanan. Kamu akan sulit menolak setiap makanan yang bisa menggagalkan diet.

"Kamu cenderung akan makan di malam hari, karena tubuh mengejar kalori yang terlewat. Hal ini akan membuat kalori tersimpan sebagai lemak," katanya.

Apa yang harus kamu lakukan? dr John Briffa, penulis Escape the Diet Trap, menyarankan untuk mengkonsumsi segala jenis protein di pagi hari, satu jam setelah bangun tidur. Seperti yoghurt, buah beri, telur dadar atau kacang-kacangan.

Meski weekend, olahraga tetap harus tetap terprogram. Tak bisa suka-suka.Meski weekend, olahraga tetap harus tetap terprogram. Tak bisa suka-suka. Foto: iStock


2. Bebas Makan di Akhir Pekan

Kamu mungkin berpikir jika makan makanan sehat setiap hari, maka tidak apa-apa untuk makan apapun di akhir pekan. Faktanya, setelah lima hari menahan diri, makan makanan tidak sehat dalam dua hari dapat membuat berat badanmu kembali naik.

"Katakanlah kamu mengelola asupan karbohidrat selama seminggu, kemudian makan burger, es krim, dan kue di akhir pekan. Seiring waktu, secara teknis kamu bisa memperoleh hingga lima kilo," kata ahli gizi Zoë Harcombe, penulis buku Why Do You Overeat?

Ia juga menambahkan, karbohidrat pertama kali disimpan sebagai glukosa dan air dan tidak akan menjadi lemak. Namun, bisa saja berubah menjadi lemak jika tidak berhasil. Untuk itu kamu harus melakukan olahraga ekstra selama seminggu. Nah, sebaiknya isi kegiatan akhir pekanmu dengan berolahraga.

Menjaga nutrisi sekalipun di weekend adalah kunci keberhasilan diet.Menjaga nutrisi sekalipun di weekend adalah kunci keberhasilan diet. Foto: iStock


3. Minum Minuman Diet

Setelah olahraga di akhir pekan, kamu akan memilih minuman manis dan menyegarkan. Mitosnya, minuman diet nol kalori tidak akan berdampak pada kenaikan berat badan.

Sebuah studi dari University of Texas Health Science Center menemukan bahwa orang yang minum minuman diet dua kali dalam seminggu, lebih mungkin akan kelebihan berat badan. Studi lain juga menemukan bahwa, lingkar pinggang mereka akan bertambah 70 persen.

Ahli gizi Zoë Harcombe mengatakan, minuman diet memiliki pemanis buatan yang 13.000 kali lebih manis daripada gula.

"Ketika tubuh menerima rasa manis tanpa adanya kalori, hal itu hanya akan memicu keinginan untuk makan lebih banyak," katanya.

Studi lain juga menemukan bahwa asupan tinggi minuman diet dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe-2 sebesar 67 persen.

dr John briffa menyarankan, minumlah air segar dengan perasan jeruk nipis atau jus lemon. Jika tetap ingin minuman manis, minumlah air kelapa tanpa tambahan apa pun.

Tapi jangan lupa, istirahat tidak kalah penting.Tapi jangan lupa, istirahat tidak kalah penting. Foto: iStock




Simak Video "Cerita Gracia Indri Turunkan Berat Badan hingga 23 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)