Jumat, 30 Agu 2019 11:08 WIB

5 Makanan yang Dapat Melindungi Kulit dari Kerusakan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Lindungi kulitmu dari kerusakan dengan 5 makanan ini. Foto: shutterstock Lindungi kulitmu dari kerusakan dengan 5 makanan ini. Foto: shutterstock
Jakarta - Kulit merupakan bagian dari tubuh yang riskan terpapar sinar matahari maupun polusi udara di sekitarnya. Melapisi kulit dengan sun cream maupun sunblock belum tentu memberi efek yang maksimal pada kulit kita.

Ketika kulit terpapar sinar matahari, jumlah antioksidan dalam darah akan berkurang. Spesialis kulit di Glow Skin Beauty, UK, Amanda Von Dem Hagen menjelaskan mengkonsumsi buah dan sayur tertentu bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

"Ada banyak komponen makanan yang bisa dikonsumsi dan membawa efek perlindungan yang berbeda-beda. Sebagian besar mengandung antioksidan, yaitu senyawa anti-penuaan yang ada dalam makanan yang memerangi kerusakan kulit dengan cara yang berbeda, salah satunya karotenoid," jelasnya.

Karotenoid adalah antioksidan yang memberi pigmen berwarna oranye dan merah pada buah dan sayuran yang dikenal dengan nama lycopene, lutein, dan beta karoten. Beberapa contoh makanan buah atau sayur yang mengandung karotenoid antara lain, anggur merah, beri, wortel, tomat, dan bayam.

"Buah dan sayur tersebut dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan, kerusakan kulit akibat sinar matahari dan mencegah peradangan dan penyakit arteri," ujar Amanda.

Dikutip dari Mirror, beberapa makanan ini juga dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat merusaknya. Berikut 5 makanan dan manfaatnya bagi kesehatan kulit tubuh:


1. Delima

Delima memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bermanfaat sebagai anti-inflamasi pada kulit. Para ilmuwan menemukan, bahwa nutrisi dalam buah delima dapat mengurangi radiasi UVB yang bisa menyebabkan kerusakan seperti kanker dalam sel-sel kulit. Selain itu, minyak biji delima juga berfungsi sebagai pelindung dari kanker kulit yang disebabkan oleh asam ellagic. Menurut para ahli, kandungan antioksidan polifenol dalam jumlah besar yang ada pada delima dapat menghambat pertumbuhan tumor kulit.

2. Ceri

Ceri Tart Montmonrency merupakan sumber antioksidan melatonin yang terbaik. Melatonin ini dapat melindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Para peneliti menjelaskan, melatonin ini dapat membantu memperbaiki kulit yang terbakar dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Selain itu, ceri juga menjadi sumber vitamin C yang bagus dan dibutuhkan untuk membentuk kolagen pda kulit.

3. Tomat

Tomat merupakan makanan yang penuh akan antioksidan yang disebut dengan likopen. Likopen sendiri sangat berguna untuk melindungi kulit dari sinar Ultra Violet (UV). Zat ini memberikan warna pada tomat dan dapat menetralkan molekul berbahaya pada kulit yang disebabkan oleh sinar UV dari matahari. Hal ini dapat merusak struktur kulit dan DNA yang bisa menyebabkan penuaan dini hingga kanker kulit. Selain itu, tomat juga bisa menjadi anti-inflamasi yang dapat meredakan kemerahan akibat terlalu lama terpapar sinar matahari.

4. Wortel

Wortel memiliki vitamin A yang baik untuk mata. Tak hanya itu, wortel juga memiliki kandungan beta-karoten yang bermanfaat sebagai tabir surya alami dan dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Selain kedua manfaat tersebut, wortel juga mengandung biotin, yaitu sejenis vitamin B yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut dan kuku.

5. Ubi jalar

Seperti pada wortel, ubi jalar juga mengandung antioksidan beta-karoten. Bedanya, antioksidan dalam ubi jalar berubah menjadi vitamin-A dalam tubuh yang menjaga kulit tetap halus, sehat.



Simak Video "Malu Punya Kulit Kering? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)