Selasa, 17 Sep 2019 06:30 WIB

Nggak Banyak Makan Tapi Gampang Gemuk? Ini 7 Kemungkinan Penyebabnya (1)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Beberapa orang mudah sekali gemuk meski jarang makan (Foto: istock) Beberapa orang mudah sekali gemuk meski jarang makan (Foto: istock)
Jakarta - Pada umumnya orang yang menggemuk dikaitkan dengan pola makan berporsi besar. Tapi, bagaimana jika kamu bukan orang yang suka makan banyak namun tubuh tiba-tiba menggemuk?

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi alasan mengapa tubuhmu mendadak gemuk. Dirangkum dari YourTango, berikut adalah 7 alasan yang menjadi penyebabnya:



1. Tiroid melambat

Tiroid merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu yang berada di leher, yang berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Jika kamu mendadak gemuk, bisa jadi tiroidmu sedang melambat dan berdampak pada metabolisme. Jika hal

2. Kurang minum air

Saat tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan, tubuh akan menahan cairan dan akan terlihat seakan menjadi bengkak (retensi air). Jika kamu tak bisa memenuhi kebutuhan cairan tiap hari, setidaknya minumlah dua gelas air sebelum makan.

3. Depresi

Orang yang depresi dan sedang dalam pengobatan bisa menyebabkan penggemukan mendadak. Ada beberapa obat yang bisa menyebabkan rasa lapar, terutama ngidam karbohidrat, dan berdampak negatif pada metabolisme. Di lain sisi, terkadang orang yang depresi juga kehilangan nafsu makannya dan saat mereka mengonsumsi obat, mendadak nafsu makan mereka bisa kembali lagi.

4. Berolahraga terlalu keras

Berolahraga terlalu keras malah bikin gemuk? Bisa saja, apabila jika kamu berolahraga semakin keras. Semakin keras olahraga, semakin banyak kalori yang kamu butuhkan. Malah justru membuatmu menambah berat badan.



5. Begadang

Orang-orang yang sering begadang memang memiliki risiko kesehatan lebih tinggi. Kurang tidur bisa menyebabkan meningkatnya kadar hormon ghrelin (pemnbuat rasa lapar) dan menurunnya kadar hormon leptin (yang mengenyangkan). Banyak riset juga mengungkapkan bahwa ketika kurang tidur, otak kita merespon lebih besar pada junk food dan kurang mampu untuk mengontrol porsi.

6. Pilih-pilih makanan

Mungkin kamu sedang diet dan berusaha untuk memilih makanan yang lebih sehat saat berkumpul dengan teman-teman. Namun jika tetap makin menggemuk, malah justru menaikkan hormon ghrelin dan membuatmu tak kenyang dan semakin lapar. Pada akhirnya akan membuatmu makan semakin banyak. Kamu bisa mengatur porsi yang kamu makan tanpa perlu memilih-milih.

7. Stres pekerjaan

Semua orang yang bekerja pasti pernah mengalami stres, namun stres pekerjaan yang terlalu tinggi bisa membuat tubuh berisiko sakit dan juga menambah berat badan. Hormon kortisol terlepas saat tubuh kita sedang di bawah rasa stres, yang mengakibatkan trigliserida berpindah ke sel-sel visceral, menambah isi lemak perut. Kortisol yang meningkat juga menyebabkan naiknya gula darah, yang menekan efek insulin sehingga membuat kita terus merasa lapar dan bisa jadi berlebihan makan tanpa disaadari.



Simak Video "Yuk Jaga Alam Lewat Pola Konsumsi Pangan Kita!"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)