Kamis, 03 Okt 2019 07:25 WIB

Berapa Lama Waktu Ideal yang diperlukan untuk Makan?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ingat makan jangan terburu-buru. (Foto: iStock) Ingat makan jangan terburu-buru. (Foto: iStock)
Jakarta - Panduan diet kerap mengatakan, makan perlahan atau lebih lambat berdampak lebih baik untuk tubuh. Dengan tujuan tersebut, berapa lama waktu yang sebetulnya diperlukan untuk makan?

"Perlu waktu sekitar 15-20 menit bagi mekanisme alami tubuh untuk bereaksi. Mekanisme ini adalah proses fisiologis tubuh mengenali rasa penuh, kenyang, dan puas dari makan," kata ahli diet Ben Desbrow dari Griffith University dikutip dari situs ABC News.


Supaya bisa makan 15-20 menit, Desbrow menyarankan mengunyah makanan lebih sering. Menurut Desbrow, sering mengunyah mengakibatkan makanan terpotong makin kecil dan lebih mudah diolah tubuh.

Desbrow tidak menyarankan jumlah mengunyah yang spesifik saat makan. Namun menurutnya, mereka yang makan cepat mengunyah makanan tidak lebih dari 6 kali. Dikutip dari healthline, sebuah riset menyatakan jumlah kunyahan sebaiknya berkisar 15-40 kali.

Selain sering mengunyah, hal lain yang bisa dilakukan adalah menyediakan waktu lebih banyak dan mematikan layar gawai. Hal ini memudahkan perhatian hanya tertuju untuk makan lebih baik dan sehat.



Simak Video "Mengenal Pica, Gangguan Makan Aneh"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)