Kamis, 03 Okt 2019 18:26 WIB

Ilmuwan Ini Sarankan Menggganti Protein Hewani dengan Serangga

Widiya Wiyanti - detikHealth
Salah satu ilmuwan menyarankan untuk mengganti protein hewani dengan serangga. Foto ilustrasi: iStock Salah satu ilmuwan menyarankan untuk mengganti protein hewani dengan serangga. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Protein merupakan salah satu nutrisi yang harus didapatkan tubuh, baik protein hewani atau protein nabati. Protein hewani biasanya didapat dari daging ayam, sapi, kambing, dan ikan.

Namun seorang ilmuwan biologi di Kosta Rika, Federico Paniagua sudah mengganti sumber protein hewaninya dari berbagai jenis serangga, seperti jangkrik, semut, kecoa, kumbang, dan serangga lainnya. Dan ia menyarankan orang lain untuk melakukan hal yang sama.

"Serangga memang enak. Mereka akan terasa seperti keripik kentang," ungkapnya dikutip dari NY Post.



Ia menyebut bahwa serangga mengandung vitamin, mineral, dan sumber energi yang cukup besar. Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) telah menghitung setidaknya ada lebih dari 1.9000 spesies serangga yang dapat dimakan.

Istri Paniagua, Gabriela Soto pun menyiapkan makanan dengan menambahkan serangga yang mereka ternak dan menaburkan sedikit garam di atasnya. Ia mengeluarkan beberapa piring berisi serangga dan memakannya tanpa rasa takut.

"Pada dasarnya Anda bisa makan sepiring penuh serangga ini," tandas Paniagua yang juga kepala Museum Serangga University of Costa Rica.



Simak Video "Mau Makan Banyak Tapi Tetap Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)