Rabu, 13 Nov 2019 09:25 WIB

Bukan Sepenuhnya Salah Nasi, Ini Penyebab Diabetes yang Sesungguhnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bukan sepenuhnya salah nasi, ini penyebab diabetes yang sebenarnya. Foto: ilustrasi/thinkstock Bukan sepenuhnya salah nasi, ini penyebab diabetes yang sebenarnya. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Hampir semua penduduk Indonesia mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Meski sudah makan banyak, rasanya belum afdol dan perut tidak kenyang kalau belum makan nasi.

Namun nasi disebut-sebut sebagai penyebab utama diabetes pada penduduk Indonesia. Banyak yang selalu mewanti-wanti agar tak makan nasi jika tidak ingin mengidap diabetes.

Diabetes adalah penyakit kronis yang disebabkan ketidakmampuan tubuh memproduksi hormon insulin yang disertai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Di Indonesia sendiri, angka penduduk yang mengidap diabetes diperkirakan mencapai 10 juta jiwa.


Penyebab diabetes bisa beragam. Faktor utama adalah kebiasaan atau pola hidup yang tidak sehat. Spesialis Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam dari FKUI, dr Em Yunir SpPD-KEMD menyebut nasi sering dikaitkan sebagai penyebab diabetes karena memang banyak orang Indonesia yang terlalu berlebihan memakannya.

"Jadi kalau melihat pola makan kita sebelumnya itu kebanyakan makan nasi, jadi nasi dulu sebelum lauk pauk. Sebenarnya bukan hanya nasi yang jadi masalah tapi kandungan karbohidrat dari masing-masing makanan," katanya saat dijumpai detikcom di Gedung Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Senin (11/11/2019).

Menurutnya makanan tinggi kalori apapun yang dikonsumsi berlebihan akan memicu kenaikan gula darah dan diabetes. Bisa dari roti, tepung-tepungan dan mie instan. Selain itu, asupan berlebihan yang tidak disertai dengan olahraga yang teratur pun menjadi pemicu diabetes.

"Misal nggak makan nasi tapi snack manis, maka kalorinya juga makin banyak. Belum lagi lauk dan sebagainya. Jadi bukan hanya sekadar nasinya," pungkasnya.


Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)