Selasa, 10 Des 2019 19:01 WIB

Diet Kepiting dan Kesemek, Ada Daging Besar Menyumbat Perut Wanita Ini

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi sakit perut. Foto: shutterstock Ilustrasi sakit perut. Foto: shutterstock
Jakarta - Seorang wanita berusia 40 tahun di China Timur mengeluhkan sakit perut yang amat parah. Setelah diperiksa oleh dokter, ditemukan segumpal daging berukuran besar menyumbat saluran pencernaannya.

Dikutip dari Fox News, daging besar itu disebut bezoar yang berukuran 5 cm. Bezoar adalah massa padat yang tidak bisa dicerna oleh saluran pencernaan. Biasanya terdapat di perut atau usus kecil dan besar.

Pada kasus wanita yang bernama Zhang ini, dokter menemukan bezoar besar itu lewat endoskopi. Kemudian ditemukan penyebab munculnya bezoar itu, yakni terbentuk dari hasil diet Zhang yang terdiri dari daging kepiting dan buah kesemek.



Dokter yang menanganinya, dr Zhu Zhen mengatakan bahwa bezoar yang ada pada perut Zhang harus dimusnahkan. Pada kasus ini dilakukan terapi gelombang kejut ultrasound untuk memecahnya.

Dikutip dari Mayo Clinic, bezoar ini bisa memberikan efek nafsu makan menghilang, muntah, penurunan berat badan, mudah kenyang. Dalam kasus yang lebih parah dapat menyebabkan tukak lambung, perdarahan, dan penyumbatan usus, bahkan kematian jaringan dalam sistem pencernaan.

Ada beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan munculnya bezoar, yaitu akibat operasi lambung, penurunan ukuran lambung, diabetes, atau penyakit ginjal.



Simak Video "Sayuran-sayuran Ini Bisa Bantu Berat Badanmu Cepat Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)