Minggu, 15 Des 2019 12:06 WIB

4 Asupan Penyebab Otak Lemot yang Disantap Sehari-hari

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Perkembangan sel-sel otak turut dipengaruhi oleh asupan nutrisi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Otak adalah organ yang sangat penting di tubuh kita. Jika organ itu rusak, pasti organ lainnya juga akan bermasalah. Bahkan, kondisi itu bisa berpengaruh besar pada organ vital, seperti jantung.

Tapi tahukah kamu, kalau makanan yang sering dimakan tidak hanya berdampak pada tubuh. Ternyata otak juga bisa terkena efeknya, bahkan bisa merusaknya.

Untuk menghindari hal ini, dikutip dari Welcome Organic, 5 asupan ini bisa bikin kesehatan otak kamu bermasalah.



1. Lemak trans

Meskipun tidak semua lemak buruk untuk kesehatan, tapi lemak trans justru memiliki efek yang bisa merugikan otak kamu. Lemak trans ini lebih sering ditemukan secara alami di dalam produk hewani seperti margarin, makanan cepat saji yang dipanggang, keripik, kerupuk, makanan beku, makanan kaleng, dan minuman krimer.

Jika sering mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut, kamu akan lebih berisiko besar mengalami alzheimer dan demensia. Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa mengkonsumsi asupan yang tinggi lemak trans bisa menyebabkan penurunan kognitif, membuat volume otak lebih rendah, dan kemampuan mengingat yang buruk.

2. Minuman manis

Berbagai minuman manis seperti soda, minuman berenergi, bahkan jus buah mengandung nilai gizi yang sedikit. Namun, jika rutin mengkonsumsinya dapat menyebabkan berbagai gangguan fisik, termasuk diabetes 2, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, bahkan alzheimer atau demensia.

Pemanis yang biasanya mengandung fruktosa dengan kadar yang tinggi terbukti bisa mengurangi kemampuan belajar, daya ingat, fungsi otak secara keseluruhan, dan pembentukkan neuron baru di otak. Dan kamu tahu, terlalu banyak minuman manis juga bisa meningkatkan risiko peradangan otak hingga merusak fungsinya.



3. Makanan kemasan dan olahan instan

Nutrisi penting dari makanan kemasan atau olahan instan yang cepat saji ternyata malah tergantikan dengan gula, garam, dan lemak. Dengan banyak mengkonsumsi asupan seperti ini malah membuat lemak akan menumpuk di sekitar organ vital.

Jika ini terjadi, maka akan terjadi kerusakan pada jaringan otak dan pengurangan volumenya. Hal ini juga dapat menghalangi aliran darah ke membran otak yang bertanggung jawab untuk melindungi otak dari zat-zat berbahaya.

4. Makanan laut yang terkontaminasi merkuri

Makanan laut terutama ikan, umumnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ikan terkenal akan rendah lemak jenuh, namun mengandung asam lemak omega-3 serta vitamin B12, seng, zat besi, dan magnesium.

Namun, beberapa makanan laut ini justru mengandung merkuri tinggi, yaitu kontaminasi logam berat dan racun neurologis yang disimpan dalam waktu lama. Beberapa asupan itu seperti ikan mackerel, tuna, dan kerang, terutama kerang hijau. Hal ini dapat mengganggu kinerja dan neurotransmiter otak kamu.



Simak Video "Kunci Sukses Arya Permana Turunkan Berat Badan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)