Kamis, 19 Des 2019 06:30 WIB

Hati-hati, Ini Efek Makan Telur Setiap Hari

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Telur merupakan salah satu menu sarapan paling favorit (Foto: iStock)
Jakarta - Telur sering menjadi menu sarapan karena sangat mudah untuk diolah. Namun, amankah bila kita makan telur setiap hari? Adakah efeknya?

Faktanya, beberapa telur memiliki risiko tinggi yang dapat menyebabkan keracunan makanan karena bakteri yang disebut Salmonella. Mereka terdapat pada telur-telur yang tampaknya bersih, dan cangkang yang tidak retak.

Makan telur setiap hari juga rentan terkena alergi. Beberapa tipe tubuh yang rentan alergi makan telur biasanya ditandai dengan perut kembung dan mual.

Mengutip dari Lybrate, ada beberapa efek makan telur setiap hari.

1. Bisul
Efek makan telur setiap hari salah satunya adalah bisul. Kandungan lemak dalam telur sangat tinggi. Kadar lemak yang cukup tinggi ini lah yang merusak kadar minyak alami di dalam lapisan kulit sehingga memunculkan bisul-bisul kecil. Namun bukti ilmiah tentang hal ini tidak begitu kuat sehingga banyak juga meyakininya sebagai mitos belaka.

2. Asam urat
Selain itu, efek makan telur setiap hari juga berbahaya pada pengidap asam urat. Pengidap asam urat sangat tidak dianjurkan untuk makan telur setiap hari karena zat fosfor di dalam telur dapat mengganggu jumlah asam urat yang ada di persendian. Maka dari itu, sebisa mungkin mulai ingatkan orang terdekat yang memiliki asam urat untuk tidak setiap hari makan telur.



3. Mual
Tidak hanya menjadi salah satu ciri alergi telur. Efek makan telur setiap hari bisa ditandai dengan mual. Mengapa bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena kandungan gas pada telur dapat menyebabkan iritasi pada lambung.

4. Berat badan mudah naik
Mengonsumsi karbohidrat dan lemak terlalu banyak tentu akan membuat metabolisme tubuh menjadi terhambat. Hal itu bisa terjadi karena makan telur setiap hari. Telur memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Maka dari itu, efek makan telur setiap hari dapat menyebabkan badan menjadi mudah gemuk.

5. Timbul jerawat
Efek lain yang akan timbul dari makan telur setiap hari, adalah timbulnya jerawat. Timbulnya jerawat disebabkan karena kandungan lemak dan kolesterol di dalam telur bisa menyumbat pori-pori kulit. Saat pori-pori tersumbat, wajah semakin mudah menyerap debu dan sinar radikal bebas yang kemudian berakhir dengan timbulnya jerawat.

Namun, jika ingin terhindar dari efek makan telur yang berbahaya bagi tubuh. Ada beberapa saran yang dapat dilakukan untuk menghindarinya, seperti makan telur maksimal 3 butir perhari, makan telur yang sudah matang, makan telur secara keseluruhan, dan dibarengi dengan sayur-sayuran.



Simak Video "Manfaat Susu dan Telur untuk Tingkatkan Imunitas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)